Tips Agar Kulit Anda Nampak Lebih Muda Secara Alami

Loading...

tips tampak lebih mudaTips tampak lebih muda

Seiring dengan bertambahnya usia, keelastisitasan kulit juga akan semakin berkurang. Makanya kulit bisa nampak berkerut atau berkeriput.

Nah, biasanya kerutan–kerutan yang ada di wajah sangat menganggu penampilan, terutama bagi kaum wanita yang mengutamakan penampilan.

Maka dari itu banyak dari mereka yang melakukan berbagai cara agar terus terlihat muda dan menarik. Bahkan tak jarang mereka mau melakukan prosedur operasi plastik ataupun suntik botox.

Padahal masih ada cara agar tetap terlihat segar, sehat, muda dan menarik tanpa harus melalui operasi ataupun menggunakan bahan kimia berbahaya.

Berikut tips dan cara alami membuat kulit Anda nampak lebih muda:

1. Gula

Hindari mengkonsumsi gula rafinasi atau refined sugar dan karbohidrat sederhana. Mengkonsumsi gula rafinasi bisa memicu proses yang biasa disebut dengan glycation, yaitu, menempelnya molekul gula pada protein sehingga menghasilkan protein baru yang disebut dengan “AGEs” (advanced glycation end-products).

Hasil akhir produk glikasi yang bisa menyebabkan kerusakan pada sael tubuh dan membuat protein kolagen jadi lebih kaku. Hasilnya, mengurangi keelastisitasan protein struktural penting pada kulit yang mengakibatkan mudahnya terbentuk kerutan serta lipatan pada kulit serta mempercepat proses penuaan dengan cara mengurangi kelenturan kulit.

READ:  Cara Menghilangkan Selulit Sebelum Hari Pernikahan

2. Posisi Tidur

Posisi tidur juga mempengaruhi loh! Tidur dengan posisi terlentang merupakan posisi tidur terbaik untuk menghindari pembentukan lipatan serta keriput pada wajah.

Lipatan pada wajah akan terbentuk karena tekanan yang dirasakan kulit sepanjang malam karena tidur membungkuk atau menghadap ke kiri atau kanan.

3. Eksfoliasi Kulit

Proses eksfoliasi membantu proses pengelupasan sel–sel kulit mati sehingga merangsang agar kulit membentuk sel baru. Mengeksfoliasi kulit juga membantu merangsang pembentukan kolagen agar kulit jadi lebih lentur.

Cara melakukannya cukup menggosokkan krim khusus eksfoliasi wajah atau menggunakan campuran gula dan madu. Gosok perlahan ke wajah secara memutar.

4. Tabir Surya

Sinar matahari juga memberikan kontribusi atas kerusakan yang dialami oleh kulit, bintik-bintik hitam, pembentukan garis halus dan lain-lain.

Apalagi jika Anda termasuk orang yang sering berkegiatan di luar ruangan. Untuk itu harus dicegah dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya.

Hanya saja memilih tabir suryapun harus berhati-hati, jika salah malah akan memberikan dampak yang lebih buruk pada kulit.

READ:  Apa Itu Dermabrasi dan Mikrodermabrasi

Hindari menggunakan tabir surya yang mengandung vitamin A derivatif “retinol” atau “retinyl palmitate“, seperti yang dikatakan Danna Norek yang merupakan pendiri Aura Sensory All Natural Body, Skin and Hair Care dalam situs naturalnews.com mengungkapkan bahwa retinol bisa mempercepat pertumbuhan tumor dan sel kanker ketika terkena sinar UV.

Bahan lainnya yang harus dihindari dalam kosmetik adalah PABA, paraben, oxybenzone, avobenzone, octisalate dan trietanolamina, karena menurut hasil penelitian bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan gangguan hormonal.

5. Istirahat Cukup

Istirahat atau tidur yang cukup juga bisa memberikan pengaruh pada kondisi kesehatan kulit. Malam merupakan waktu istirahat yang paling baik karena pada waktu itu tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan manusia (HGH – human growth hormone) yang bertanggung jawab dalam menjaga agar kulit tetap halus, kenyal serta agar rambut tumbuh dengan subur dan lebat.

(photo: newbeauty.com )