6 Manfaat Daun Kelor Yang Jarang Diketahui

Loading...

bunga kelorBunga pohon kelor

Kelor adalah salah satu tumbuhan yang berasal dari suku Moringaceae. Kelor yang memiliki nama latin Moringa oleifera biasanya mudah tumbuh pada daerah yang cukup air di ketinggian sekitar 300 – 900 m dari permukaan laut.

Pohon kelor memiliki ciri–ciri pohon dengan ketinggian antara 7-8 meter, serta daunnya berbentuk bulat telur. Namun  kayu pohon kelor rapuh sehingga berbahaya bila dipanjat, kecuali bila pohonnya telah sangat besar.

Bagian pohon kelor yang sering dimanfaatkan manusia adalah bagian daun dan buahnya, biasanya dijadikan sayuran untuk konsumsi sehari-sehari. Namun ada juga yang memanfaatkan daun kelor sebagai pengobatan alami.

Nah, apa sebenarnya manfaat daun kelor untuk tubuh manusia?

1. Meredakan penyakit demam

Anak-anak biasanya paling sering terkena demam. Nah bila anak Anda terkena demam cobalah memberikan sayur daun kelor yang dimasak bening. Berikan secara rutin selama 2 kali sehari.

2. Mencegah gizi buruk

Banyak anak–anak saat ini yang menderita gizi buruk diakibatkan sering mengonsumsi makanan yang bergizi rendah.

READ:  9 Khasiat Hebat Buah Mangga

Nah bila ingin anak Anda terhindar dari gizi buruk cobalah dengan rajin memberikan sayur dari daun kelor sebab daun kelor merupakan sumber penting  magnesium, protein,  vitamin B6, vitamin C, dan provitamin A sebagai beta-karoten.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Bagi Anda yang sering mengalami sakit–sakitan kemungkinan sistem kekebalan tubuh Anda tidak kuat.

Nah, cobalah Anda rajin mengkonsumsi daun kelor, sebab dari hasil penelitian ternyata daun kelor mengandung Vitamin C hingga 7 x lebih banyak dari kandungan vitamin C buah jeruk. Vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan penyakit.

4. Mencegah osteoporosis dan meningkatkan tinggi badan

Bagi Anda yang rentan mengalami osteoporosis sebaiknya perbanyak mengonsumsi daun kelor. Sebab daun kelor mengandung kalsium yang sangat tinggi, bahkan sampai 4 kali lipat dari susu.

Kalsium berperan dalam mencegah osteoporosis di masa tua, dan bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dapat membantu meningkatkan tinggi badannya.

5. Mengatasi diabetes (kencing manis)

Hasil penelitian dari Departemen Kimia Universitas Allahabad India  mengatakan bahwa kandungan senyawa Terpenoid di dalam daun kelor lebih aktif dalam menstimulasi sel–sel ß pankreas  menghasilkan insulin untuk menurunkan kadar gula darah dibandingkan dengan obat–obatan dari bahan kimia.

READ:  Trik Agar Bangun Segar di Pagi Hari

6. Mengobati anemia

Bagi Anda yang mengalami kekurangan sel darah merah dapat memanfaatkan daun kelor untuk meningkatkan produksi sel–sel darah merah.

Dari hasil penelitian ternyata masih banyak sekali manfaat daun kelor yang belum terungkap. Jadi jangan bosan mengkonsumsi daun kelor dan menambahkannya pada menu harian Anda.