Manfaat Daun Salam Yang Tidak Terduga

Loading...

manfaat daun salamDaun salam

Daun salam sering digunakan oleh masyarakat sebagai penyedap masakan. Masakan yang terbuat dari daging, ikan, dan sayuran biasanya menggunakan daun salam sebagai penyedap rasa. Namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan ternyata tanaman salam yang memiliki nama latin Syzygium polyanthum  sudah mulai dimanfaatkan untuk kesehahatan , termasuk mengobati beberapa jenis penyakit.

Nah apa saja manfaat dari daun salam ?

1. Mengatasi penyakit diabetes mellitus

Diabetes mellitus atau biasa disebut kencing manis sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Kandungan antioksidan di dalam daun salam dapat digunakan untuk memproses insulin secara efisien. Cara penggunaannya yaitu dengan meminum air rebusan 15 lembar daun salam secara rutin 3 kali sehari sebelum tidur.

2. Mengobati penyakit maag

Maag adalah salah satu penyakit yang sering dialami masyarakat di era modern seperti saat ini. Bagi Anda yang juga sedang mengalami sakit maag dapat mencoba ramuan daun salam untuk mengobatinya. Caranya dengan merebus sekitar 20 lembar daun salam bersama 2 liter air. Setelah itu air hasil rebusannya dicampur dengan gula untuk dijadikan teh yang dapat diminum selama masa penyembuhan.

READ:  Bagaimana Cara Mendapatkan Rambut Panjang dan Sehat?

3. Mengobati asam urat

Mengatasi asam urat dapat juga menggunakan daun salam. Caranya mudah yaitu dengan meminum air rebusan 10 lembar daun salam dengan jumlah air sekitar 5 gelas. Minum air rebusan tersebut agar asam urat tidak kambuh lagi.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bagi Anda yang telah mencoba beberapa jenis obat berbahan kimia untuk menurunkan tekanan tinggi dan belum juga berhasil, cobalah menggunakan bahan alami dari daun salam. Cara menggunakannya yaitu  dengan merebus 10 lembar daun salam bersama 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas saja. Setelah itu, minumlah secara teratur setiap hari.

5. Mengobati diare

Menurut data kesehatan dari WHO bahwa diare adalah salah satu pembunuh nomor 1 balita di dunia. Hal ini sebaiknya diantisipasi sebelum berdampak buruk. Nah bagi Anda yang memiliki anggota keluarga yang terkena diare, Anda dapat menggunakan daun salam untuk mengobati diare. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus sekitar 15 lembar daun salam menggunakan 2 gelas air. Setelah itu tambahkan sedikit garam dan saring kotorannya, air hasil saringan tersebut Anda minum untuk pengobatan diare.

READ:  Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Ternyata banyak manfaat yang menakjubkan dari daun salam untuk kesehatan manusia.

(Photo : loexie.wordpress.com)