Aksesoris Tambahan Untuk Kamera Digital Anda

Loading...

aksesoris kameraAksesoris kamera

Jika Anda memiliki sebuah kamera digital, tentunya Anda tahu bahwa barang seperti itu sangatlah sensitif. Membutuhkan perawatan yang tidak biasa. Karena bila dibiarkan, lama-kelamaan beberapa bagian dari kamera Anda akan menurun kualitasnya.

Nah, untuk menjaga agar kamera DSLR Anda tetap terjaga kualitasnya dan juga kualitas gambar Anda nantinya, sangat disarankan untuk melengkapinya dengan beberapa aksesoris yang tak kalah pentingnya. Aksesoris untuk kamera digital ini nantinya akan sangat membantu bila Anda berada dalam kondisi yang tidak diduga.

Lalu apa saja aksesoris penting itu? Mana saja yang perlu diutamakan dahulu, apalagi bila budget Anda agak terbatas. Berikut ulasannya untuk Anda.

Tripod

Tripod sebagai aksesoris tambahan tentunya akan sangat membantu Anda dalam mengambil gambar dengan speed lambat. Bilamana malam hari atau kondisi cahaya kurang, tripod akan sangat membantu. Tripod ada beberapa jenis, ada jenis tripod, monopod, dan gorillapod. Di antara ketiganya, tripod merupakan yang paling populer. Carilah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hanya saja, membeli tripod harus Anda perhatikan bahwa aksesoris tersebut mampu menahan kamera Anda dengan kokoh. Cek semua fleksibilitas dari bagian-bagiannya, apakah berfungsi secara baik dan pergerakannya halus.

READ:  Perangkat Konsol Game Untuk Kado si Buah Hati

Vertical Grip (VG)

Benda ini yang dimaksud adalah tambahan pada body kamera untuk memudahkan genggaman saat memotret dengan posisi vertikal. Selain itu, VG bisa berfungsi ganda sebagai tempat penyimpanan baterai cadangan. Banyak orang memakai ini karena hasil gambarnya tidak miring. Dibandingkan bila tidak memakai VG yang memaksa tangan Anda untuk berada di posisi atas mata. Kekurangannya, setelah memasang aksesoris VG, kamera Anda akan terlihat dan terasa lebih besar daripada biasanya.

Tas Kamera

Tas kamera sangat penting bila Anda memiliki sebuah kamera, apalagi kamera DSLR. Selain sebagai pelindung, tas kamera juga bisa Anda pakai sebagai tempat penyimpanan aksesoris lainnya. Untuk memilih tas kamera, pilihlah yang ukuran gabus yang tebal di bagian dalamnya. Hal ini memberikan perlindungan ekstra ketika tas Anda mengalami benturan yang tidak disengaja. Tas kamera ada banyak bentuk dan jenisnya. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai membeli tas kamera besar, sedangkan isinya tidak seberapa. Jangan juga memaksakan semua peralatan kamera Anda masuk ke dalam tas kecil. Bisa-bisa ada alat yang patah.

Flash Eksternal

Kurangnya cahaya saat memotret membuat flash biasanya digunakan. Tapi flash yang ada pada kamera Anda biasanya tidak cukup untuk menerangi objek. Artinya tambahan flash eksternal sangat dibutuhkan. Ada beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan flash eksternal, yaitu untuk menghemat baterai kamera Anda dan juga menjaga umur dari flash internal Anda.

READ:  3 Aplikasi iPhone dan Android untuk Profesional Hebat

Penggunaan flash eksternal juga memberikan Anda keleluasaan dalam mengontrol cahaya yang diterpakan ke objek. Kekuatan cahayanya pun lebih lembut dan merata.

Shutter Release

Bila Anda suka memotret gambar bergerak seperti pergerakan mobil di malam hari, atau kembang api maka aksesoris yang satu ini layak untuk Anda beli. Namanya shutter release. Cara kerjanya sama dengan tombol shutter di kamera. Bedanya, dengan alat ini kita tidak perlu lagi memegang kamera. Hasilnya, gambar tidak akan goyang atau shake, hampir sama dengan tripod dan mirip-mirip dengan remote kontrol TV Anda.  Ada dua jenis benda ini bisa Anda temukan, ada yang memakai kabel dan ada juga yang menggunakan wireless.

Filter

Filter di sini fungsinya untuk mengurangi jumlah cahaya yang berlebihan atau membuat warna gambar lebih unik dari aslinya. Jika Anda benar-benar ingin menekuni dunia fotografi, benda satu ini bisa menjadi pertimbangan Anda dalam membeli aksesoris kamera. Secara umum, filter ada tiga jenis, yaitu Filter Neutral Density (mengurangi jumlah cahaya masuk ke kamera Anda), Filter Polarisasi (membuat objek terkesan lebih mendalam), dan Filter Poteksi (yang melindungi lensa Anda).

READ:  Polaroid Socialmatic, Kamera Polaroid Instagram!

Kit Pembersih

Jangan salah dengan benda yang satu ini. Kit pembersih juga sangat berperan penting dalam merawat kamera Anda sehingga debu tidak menempel dalam kamera Anda. Membersihkan kamera tidak sembarangan dibersihkan. Harus ekstra hati-hati dan menggunakan bahan-bahan khusus. Kit pembersih biasanya digunakan untuk bagian-bagian yang terjangkau saja. Kecuali untuk bagian dalam, kami sarankan Anda untuk menyerahkan saja kepada ahlinya. Utamanya bagian sensor kamera yang sangat sensitif.

(photo: tbreak.com)