6 Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Stres

Loading...

kebiasaan buruk yang menyebabkan stresApa saja kebiasaan buruk yang berpotensi menyebabkan stres?

Stres merupakan salah satu hal yang selalu dicoba untuk dihindari. Sayangnya, meskipun begitu ada saja hal yang membuat kita merasa stres bahkan tertekan.

Misalnya, pekerjaan yang sebisa mungkin kita usahakan agar cepat selesai, ternyata mendapatkan masalah atau harus diubah di beberapa bagian, tentu saja ini membuat kita panik dan pusing sehingga bisa mempengaruhi mental, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Stres inilah yang biasanya menjadi pemicu munculnya jerawat atau hal yang lebih mengerikan adalah depresi, masalah pada tekanan darah, migrain dan lain–lain.

Nah, untuk itu kenalilah dan hindarilah sebisa mungkin kebiasaan yang bisa menyebabkan stres.

1. Khawatir Berlebihan

Khawatir memang perlu untuk memastikan segala berjalan dengan baik. Namun orang yang terlalu sering khawatir dan panik hanyalah menyakiti dirinya sendiri. Khawatir bisa meningkatkan tegangan di kepala.

Sehingga bila Anda terlalu sering khawatir dan kepala Anda tegang, ini tentu akan membuat Anda stres dan memberikan efek negatif pada kesehatan.

READ:  Apa Saja Hobi Yang Bisa Mengurangi Stress?

2. Mencoba Untuk Menyenangkan Setiap Orang

Menyenangkan orang memang baik, tapi jika kita menyenangkan orang lain dengan mengorbankan kepentingan dan kebahagiaan kita, untuk apa?

Membuat orang merasa senang memang baik asalkan saja hal tersebut tidak membuat Anda merasa stres atau tertekan, kalau perlua bisa membuat Anda juga meraa bahagia.

3. Kurang Tidur

Insomnia atau sengaja begadang hingga larut malam juga merupakan pemicu stres. Orang dewasa membutuhkan minimal 7 jam untuk tidur atau istirahat malam.

Nah, jika istirahat kita kurang, maka akan membuat tubuh lemas yang mana bisa mengakibatkan kinerja semakin menurun dan produktivitas berkurang.

Hal ini tentu membuat pekerjaan selesai dalam waktu yang lama, kalau begitu apa Anda tidak stres? Jadi, tidur dan berisirahatlah yang cukup, jangan paksakan tubuh dan mata Anda bekerja jika sudah lelah.

4. Selalu Membanding–Bandingkan

Berhentilah membanding-bandingkan keadaan dan keberhasilan Anda dengan orang lain. Bersikap kompetitif dalam bekerja memang boleh dan itu merupakan hal yang wajar, namun jika itu membuat Anda stres dan tertekan, sebaiknya berhentilah dan fokus pada apa yang ingin Anda raih tanpa harus membandingkannya dengan orang lain.

READ:  7 Langkah Bebas dari Flu Tanpa Vaksinasi

5. Kebiasaan Berbelanja yang Tidak Terkontrol

Nah, ini hal yang penting bagi wanita! Kontrol kebiasaan Anda dalam berbelanja.

Wanita kadang jadi lupa jika mereka sudah berada di sebuah pusat perbelanjaan, mereka akan terus belanja belanja dan belanja meskipun sebenarnya mereka tidak terlalu membutuhkan barang tersebut.

Pada akhirnya mereka akan pusing karena terlalu banyak mengeluarkan uang untuk berbelanja. Jadi, sebaiknya kontrol kebiasaan berbelanja Anda tersebut.

6. Menunda–Nunda

Berhentilah menundanunda untuk mengerjakan pekerjaan Anda jika Anda tidak ingin stres nantinya. Terlalu sering menunda pekerjaan akan membuat pekerjaan Anda menumpuk yang nantinya akan membuat Anda pusing karena harus menyelesaikan semuanya sekaligus.

Kebiasaan buruk sebenarnya dapat diubah sedikit demi sedikit. Anda memang butuh waktu menghilangkan kebiasaan buruk tersebut dan mengubahnya menjadi kebiasaan baik yang positif.

(photo: foxnews.com )