Cardio Training untuk Mengecilkan Perut Buncit

Loading...

Lemak VisceralLemak Visceral

Perut buncit selalu menjadi masalah sendiri bagi beberapa orang, karena begitu banyak orang yang berperut buncit, bahkan terkadang badannya tidak gemuk namun perutnya tetap buncit. Untuk itu perlu dilakukan latihan tertentu agar perut buncit dapat dikecilkan kembali. Perut buncit sebenarnya disebabkan adanya lemak perut yang menebal (visceral fat) yang berada di bawah kulit perut dan ini sangat berbahaya jika dibiarkan.

Lemak di perut ini bisa dihilangkan dengan melakukan latihan cardio secara teratur. Cardio training adalah sejenis latihan daya tahan tubuh yang dapat membakar kalori lebih banyak termasuk membakar lemak di perut.

Banyak dari kita yang masih salah persepsi, sebagian kita menganggap sit up bisa mengecilkan perut. Itu salah, sit up hanya berfungsi mengencangkan otot perut tanpa mengurangi lingkar perut Anda. Ratusan sit up Anda lakukan tiap hari tidak akan mengecilkan lingkar perut Anda, hanya menjadikan perut Anda terlihat sedikit lebih kencang.

Latihan cardio sendiri bisa mencakup lari, jogging, kick boxing, berenang, dimana latihan cardio ini menuntut stamina tubuh dan daya tahan tubuh serta membutuhkan pernafasan yang panjang. Latihan ini bisa membakar banyak lemak tubuh Anda. Cukup ½ sampai 1 kg seminggu adalah jumlah penurunan berat badan yang sehat dan seharusnya sehingga tubuh tidak terpaksa dan tidak kaget dengan latihan berlebihan.

READ:  Latihan Aerobik Sederhana Pembakar Lemak

Anda juga bisa melakukan aerobik sebagai salah satu latihan cardio. Beraerobik rutin 60 menit perhari akan membakar lemak Anda lebih banyak. Karena secara ilmiah, lemak perut visceral fat ini akan berhubungan dengan resiko penyakit jantung, diabetes dan kanker, maka sebaiknya jangan membiarkan perut Anda membuncit lebih lama.

Latihan cardio lain yang baik untuk mengecilkan perut adalah bersepeda dan berjalan kaki, karena kinerja otot perut akan bekerja lebih di saat anda melakukan latihan kardio. Kardio bisa membakar kalori 67 kali lebih banyak dibanding dengan latihan beban lainnya.

Cardio training yang bisa mengecikan perut Anda:

1. Jalan kaki, namun akan lebih baik jika melakukan jalan cepat
2. Berlari, sangat efektif membakar lemak dan melatih otot perut
3. Berenang, selain latihan cardio berenang juga merupakan latihan kekuatan tubuh dan stamina, sehingga dapat membentuk otot dengan pembakaran sempurna dari latihan ini
4. Bersepeda, efektif membakar lemak, bisa dengan sepeda biasa dan bisa dengan speda stasioner

READ:  Tips dan Cara Mengecilkan Perut Buncit

Itulah 4 andalan latihan cardio yang bisa mengecilkan perut Anda dan mengurangi lingkar perut yang sudah mulai melebar.

(photo: dietrendahkalori.com)