Booster ASI Alami Tetap Yang Terbaik

Loading...

manfaat daun katukDaun katuk memperlancar ASI

Menyusui adalah periode wajib yang harus dilewati seorang ibu jika memang ingin anaknya sehat dan kuat serta lebih kebal terhadap berbagai serangan penyakit.

Namun produksi ASI tidak selalu sama dari waktu ke waktu, bahkan terkadang cenderung berkurang jika beberapa faktor mempengaruhi psikologis ibu.

Kondisi ini membuat para ibu harus lebih bijak dan pintar mensiasati agar ASI berproduksi dengan aktif lagi, beberapa cara pun di lakukan, di antaranya mengikuti semua anjuran dari orang tua dulu.

Beberapa cara yang lazim dilakukan dalam memperlancar produksi ASI adalah dengan mengkonsumsi makanan perangsang produksi ASI, biasanya lebih banyak mengkonsumsi sayuran agar produksi ASI tetap lancar.

Berikut beberapa bahan alami yang dipercaya mampu memperlancar produksi ASI :

  1. Daun Katuk. Sangat terkenal sebagai Booster ASI, namun harus diolah sesuai aturan. Daun katuk harus dimasak seperti sayuran bening dengan banyak kuah, dikonsumsi sebaiknya semangkuk langsung karena jika dicampur nasi maka daun katuk akan sedikit saja termakan. Semakin banyak memakan sayur daun katuk, ASI Anda akan semakin lancar.
  2. Jantung pisang yang masih muda, cukup dimasak dengan atau tanpa santan , diberi kuah dan dimakan agar ASI semakin lancar dan banyak.
  3. Daun bangun-bangun, banyak terdapat di daerah Sumatera Utara biasanya dimakan dengan cara dibuat sup.
  4. Jus pare muda, agar tidak terlalu pahit campur dengan sedikit buah lain seperti melon. Buang biji pare dan diblender, akan sangat baik untuk memicu produksi ASI.
  5. Kacang-kacangan sangat baik untuk memperlancar produksi ASI, baik itu kacang tanah, kacang mete, kacang kedelai, kacang hijau dan kacang-kacangan lainnya.
READ:  3 Tips bagi Ibu Menyusui saat Sedang Sakit

Selain Booster ASI alami sekarang juga sudah mulai banyak produk-produk yang mengklaim bisa membantu memperlancar produksi ASI. Anda bisa saja mengkonsumsinya, namun tentu akan berbeda dengan bahan alami yang jauh lebih aman, nutrisi masih terjaga dan tidak ada bahan pengawet.

Sebaiknya cukup mengkonsumsi booster ASI berbentuk suplemen jika dalam kondisi darurat, misalnya Anda tidak sempat membuat sayuran alami atau jika Anda di dalam perjalanan.

Satu hal lagi, ada satu resep ampuh lagi yang bisa memperlancar dan memperbanyak produksi ASI yaitu membiasakan diri mengkonsumsi air hangat, memakan makanan yang hangat-hangat dan berkuah, karena sangat efektif untuk membuat ASI berproduksi secara maksimal.

Selain mengkonsumsi makanan dan suplemen di atas, Anda sebagai ibu yang menyusui harus selalu menjaga tubuh, kondisi dan stamina agar tetap fit, selalu menjaga agar kondisi psikologis tidak terganggu karena ASI sangat sensitif terhadap kondisi kejiwaan sang ibu, jika ibu sedikit mengalami tekanan atau stres maka ASI akan langsung berkurang.

READ:  Cegah Kanker Ovarium Dengan Menyusui

(photo: ayahbunda.co.id)