Tips Untuk Panduan Membeli Kamera Bekas

Loading...

membeli kamera bekasMembeli kamera bekas

Jual beli barang bekas atau barang second sangat besar pasarannya di Indonesia. Semua barang bisa Anda temukan, apalagi bila mencari barang di situs jual beli di Indonesia. Salah satu yang tak kalah bersaing adalah penjualan kamera DSLR.

Persepsi orang untuk lebih memilih membeli kamera digital yang bekas dikarenakan harganya yang lebih murah. Ketelitian sangat menentukan dalam hal memilih kamera mana yang akan dibeli. Karena bila tidak, bisa jadi barang yang Anda beli ini di bagian luar terlihat mulus, tapi di bagian dalamnya sudah keok.

Bila Anda tertarik untuk membeli sebuah kamera bekas daripada kamera toko karena faktor finansial, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya. Intinya, teliti sebelum membeli.

Cek Garansi

Meskipun sudah masuk dalam kategori kamera bekas, Anda harus tetap memastikan, apakah sang penjual berani memberikan garansi. Misalnya selama satu minggu atau dua minggu. Garansi pada kamera DSLR biasanya ada dua, garansi fisik dan garansi fungsinya. Tentunya Anda tahu perbedaan keduanya. Hal tersebut demikian karena kamera DSLR merupakan barang yang sangat sensitif. Oleh karena itu garansinya juga harus lebih ketat. Dalam masa garansi tersebut, ada baiknya bila Anda mencoba semua fitur-fitur yang ada pada kamera tersebut untuk memastikan semua baik-baik saja.

READ:  Ini Dia Most Wanted Smartphone di Tahun 2014

Cek Kelengkapan Aksesoris

Bila membeli kamera bekas, bukan hanya kameranya saja yang akan Anda terima. Seyogyanya, semua aksesoris-aksesorisnya juga harus Anda dapatkan. Masalah kelengkapan juga mempengaruhi harga kamera itu nantinya. Terkadang ada orang yang menganggap aksesoris kamera itu tidaklah penting, yang penting kameranya dalam kondisi prima. Namun ada juga orang yang menganggap kelengkapan itu penting. Pilihan ada di tangan Anda.

Cek Fisik Kamera

Seperti yang dideskripsikan pada bagian garansi di atas. Ada beberapa hal pada pengecekan fisik yang perlu Anda perhatikan. Bagian-bagian fisik itu meliputi:

–          Karet Grip

Yaitu karet yang membalut kamera pada bagian pegangan tangan. Secara orisinil, karet ini bermotif kasar seperti kulit jeruk. Kalau masih kasar artinya kamera tersebut jarang dipakai atau si pemilik pintar dalam merawat barang. Tapi kalau sudah mulai halus, artinya kameranya sudah keseringan dipakai.

–          Karet USB

Karet USB disini yang dimaksud adalah cover dari colokan USB, Kabel AV, dan colokan chargernya. Cek kondisinya apakah masih baik atau sudah sobek atau hilang. Kerena bila karet penutup ini tidak ada, maka debu bisa menempel pada bagian colokan-colokan tadi.

READ:  Apa Istimewanya Smart Camera Samsung?

–          Tombol-tombol Fungsi

Mengecek bagian tombol juga salah satu yang penting. Kondisinya masih lembut saat ditekan, sudah keras, atau bahkan tidak terlalu berfungsi.

–          Body Kamera

Bagian-bagian yang harus Anda cek pada body kamera seperti: sudut-sudut body kamera, LCD, dudukan untuk flash eksternal, flash internal masih terbuka secara normal atau tidak, auto focusnya masih bisa berfungsi atau tidak, dan tempat tali kameranya. Pokoknya cek semua bagain di atas apakah berfungsi sebagaimana mestinya atau tidak. Cek juga pada mur-murnya, apakah sudah pernah dibuka. Bila pernah, artinya kamera ini sudah pernah dibongkar.

Cek Fungsi Kamera

Pengecekan pada bagian fungsi kamera adalah hal yang sangat-sangat penting. Karena bila Anda melewatkan pengecekan tahap ini, itu artinya sama saja dengan membeli kucing dalam karung. Semua fungsi dari dari kamera digital yang akan Anda beli harus lulus tes Anda.

Dan bagian-bagian tersebut meliputi: Cek fungsi tombol apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Cek tombol shutter pada saat ditekan penuh untuk menjepret dan saat ditekan setengah untuk mendapatkan titik fokus. Cek juga titik fokus yang ada dalam view finder, masih berfungsi semuakah titik-titik fokus di dalamnya atau tidak. Cek sensor kameranya dengan cara memotret sebuah objek satu warna yang bersih, lalu lihat hasilnya apakah betul-betul bersih atau ada bercak-bercak di dalamnya. Cek LCD kamera apakah ada titik berwarna lain ketika mengambil gambar yang gelap dan lihat hasilnya di LCD, jika ada jangan membeli kamera tersebut, dipastikan Anda akan rugi nantinya. Cek pula fungsi On-Off kamera itu apakah ada masalah ketika menghidupkan atau tidak.

READ:  Polaroid Socialmatic, Kamera Polaroid Instagram!

Semoga panduan membeli kamera bekas ini berguna untuk Anda. Selamat hunting kamera 🙂

(photo: oneslidephotography.com)