Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngompol Anak

Loading...

kebiasaan ngompol anakKebiasaan ngompol anak

Kebiasaan mengompol di tempat tidur di malam hari memang sudah biasa bagi anak-anak di bawah umur lima tahun. Tapi masih ada anak-anak yang masih mengompol di atas usia tersebut. Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Biasanya anak laki-laki membutuhkan waktu yang lama untuk menghentikan kebiasaan mengompol di malam hari.

Penyebab mengompol pada anak beragam seperti infeksi saluran kandung kemih, pengaruh hormon dan keturunan atau stress yang melanda anak. Mengompol dapat dihentikan dengan cara berikut:

Ajarkan toilet training

Salah satu cara untuk menghilangkan kebiasaan mengompol yakni dengan mengajarkan kebiasaan buang air kecil sebelum tidur. Latihlah anak dengan kebiasaan baik seperti buang air di toilet secara teratur. Terkadang meski sudah buang air kecil, anak masih tetap saja mengompol. Untuk mengatasinya, bangunkan anak setelah 2 atau 3 jam tidur untuk buang air kecil lagi. Perlu kesabaran orang tua untuk membiasakan toilet training kepada anak. Secara perlahan, anak akan terbiasa dan kebiasaan mengompol tersebut akan semakin berkurang.

READ:  5 Rahasia Tidur Berkualitas

Batasi konsumsi cairan di malam hari

Ajari anak Anda untuk tidak banyak mengkonsumsi cairan di malam hari. Berikan saja minuman seperlunya ketika dia merasa haus. Hindari juga makanan yang mengandung kadar air tinggi untuk anak karena makanan terseebut berpotensi untuk membuat anak selalu merasa ingin kencing.

Biasakan minum dan buang air secara teratur

Ajari anak untuk minum dan buang air kecil secara teratur di siang hari dan kurangi minum di malam hari. Orang tua perlu mengingatkan anaknya untuk buang air kecil setiap satu atau dua jam di siang hari. Hindari minum – minuman bersoda yang yang memicu anak untuk merasa ingin pipis.

(photo: parti1979.blogspot.com )