Apa Penyebab Kertas Menguning?

Loading...

penyebab kertas menguningKertas menguning

Senang membaca dan mengoleksi buku? Pernahkah Anda perhatikan buku-buku di tumpukan rak buku Anda yang tersimpan selama bertahun-tahun tiba-tiba warnanya berubah menjadi warna kuning? Banyak dari kita yang luput dari hal tersebut. Apa penyebab kertas buku menguning?

Seorang peneliti dari Universitas di Roma, Mosca Conte mengungkapkan bahwa kertas berubah warna menjadi kekuningan karena telah mengalami proses oksidasi. Kayu yang diolah menjadi kertas mengandung zat yang disebut lignin dan selulosa. Lignin adalah kandungan zat dalam kayu yang berguna untuk mempertahankan kayu dari hama dan kerusakan. Selain itu, zat lignin bisa membuat kayu keras dan berdiri tegak. Zat inilah yang digunakan untuk membuat kertas seperti karton dan dus. Semakin banyak lignin, maka semakin keras pula kertasnya dan berwarna coklat.

Untuk menghasilkan kertas yang putih, kayu direndam dalam cairan kimia untuk memisahkan selulosa kayu dan lignin. Selulosa kayu adalah penghasil warna putih pada kertas. Kertas yang berubah warna menjadi kuning disebabkan oleh lignin yang telah mengalami oksidasi. Molekul lignin yang terkena cahaya atau udara akan berubah dan tidak stabil dan akhirnya mengubah kertas menjadi kuning.

READ:  Bakteri Usus 'Jahat' Mungkin Membantu Mengendalikan Diabetes

Bagaimana agar buku Anda tetap awet dan tidak berubah warna menjadi kuning? Jauhkan buku-buku tersebut dari cahaya matahari atau udara. Simpanlah buku Anda di ruang hampa udara atau bungkuslah dengan plastik agar warnanya tidak berubah.

 (photo: flickr.com/kvdl)