Mengapa Budaya Operasi Plastik Sangat Populer di Korea?

Loading...

operasi plastik di KoreaOperasi plastik

Korea Selatan selain terkenal dengan negara penghasil boyband dan girlband juga dikenal sebagai negara permak wajah terpopuler di dunia. Operasi plastik sudah menjadi budaya di Korea dan hampir semua wanita yang berumur 20 – 30 tahun pernah melakukan operasi plastik. Kebanyakan dari mereka melakukan operasi mata (eyelid), hidung dan tulang pipi. Yang paling banyak melakukan oplas adalah kalangan artis dan menjadi trend dan diikuti oleh remaja di Korea.

Ada anekdot yang berkembang di Korea “lebih baik miskin daripada berwajah jelek”. Mereka percaya bahwa kecantikan dan ketampanan itu diciptakan bukan keturunan. Apa alasan sehingga budaya operasi plastik sangat populer di Korea?

Kecantikan Mudah mendatangkan Kerja

Di Korea, persaingan untuk mendapatkan kerja sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena kualitas penampilan fisik seseorang menjadi penentu untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Warga yang memilki ketampanan dan kecantikan akan lebih banyak mendapatkan pekerjaan dibandingkan warga yang berpenampilan biasa – biasa saja. Sebagian besar para pencari kerja di Korea lebih mengkhawatirkan penampilan fisik dari kualifikasi formal yang diminta perusahaan.

READ:  Efek Samping Operasi Plastik Pada Payudara

Biaya Yang relatif murah dan cepat

Tidak hanya warga korea, wisatawan seperti dari China atau negara Eropa banyak yang datang ke korea untuk melakukan operasi plastik karena biaya yang murah dan cepat. Hasilnya pun mulus tanpa bekas dan nyaris sempurna. Untuk operasi kelopak mata saja hanya membutuhkan biaya sekitar 20 juta. Operasi plastik layaknya seperti mengganti warna rambut karena saking mudahnya.

Menjamurnya rumah sakit dan klinik kecantikan

Korea adalah negara yang paling maju dan inovatif dalam urusan bedah plastik. Tempat – tempat operasi plastik sangat mudah di temukan di Korea. Tidak hanya rumah sakit tapi klinik kecantikan pun telah menyediakan paket khusus untuk bedah plastik untuk pelanggannya. Distrik Gangnam, kawasan paling elit di Korea terkenal sebagai pusat operasi plastik. Di sini terdapat tempat yang bisa mengubah wajah sesuai dengan desain yang diinginkan.

Oplas sebagai hadiah ulang tahun

Di Korea, ketika anak menginjak usia 17 tahun, orang tua memberikan hadiah operasi plastik. Orangtua di sana menganjurkan anaknya untuk operasi plastik agar bisa tampil cantik dan mudah mendapatkan pekerjaan. Sebagian besar warga Korea menghabiskan 30% dari penghasilannya untuk operasi plastik.

READ:  Tips Membersihkan Wajah ala Wanita Korea

 (photo: thegloss.com)