Lelah? Mungkin Terlalu Banyak Zat Besi Dalam Darah Anda!

Loading...

kelelahanGampang merasa lelah

Kelelahan merupakan gejala yang paling umum pada orang-orang dengan hemokromatosis. Hemokromatosis, adalah kelainan genetik yang menyebabkan usus menyerap jumlah besi yang berlebihan dari makanan selama proses pencernaan.

Besi merupakan komponen penting dari darah, dan bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh sebagai bagian dari hemoglobin. Namun, dalam jumlah yang berlebihan ia dapat berbahaya. Biasanya, kita menyerap sekitar satu atau dua miligram zat besi setiap hari dari makanan yang kita konsumsi – ini cukup untuk menjaga simpanan.

Dalam hemokromatosis, zat besi dapat menumpuk pada sebagian besar organ-organ tubuh Anda, tetapi terutama dalam hati, jantung, dan pankreas. Ketika ini terjadi, besi dapat meracuni organ dan menyebabkan kegagalan organ.

Meskipun tubuh memang kehilangan beberapa zat besi dari tubuh ketika sel-sel berganti kulit, melalui keringat, ataupun menstruasi pada wanita, hal ini tidak cukup untuk membersihkan kelebihannya.

Tiga-perempat dari orang dengan hemokromatosis akan mengalami kelemahan dan kelesuan, dan mungkin juga kerusakan hati dan pigmentasi kulit.

READ:  Cystic Fibrosis, Gejala dan Pengobatannya

Hilangnya libido dan impotensi biasa terjadi, dan mempengaruhi 45 persen dari penderita, dan diabetes mempengaruhi setengah dari penderita akibat kerusakan pankreas.

Kerusakan otot jantung juga dapat terjadi, dan juga nyeri sendi.

Ini adalah potensi komplikasi serius, tapi untungnya, dapat diatasi dengan pengobatan sederhana.

Memindahkan 500 ml (‘satu unit’) darah menyingkirkan 200 sampai 250 mg zat besi. Pemindahan ini merangsang sumsum tulang untuk membuat sel-sel darah baru.

Dalam membuat sel-sel baru, tubuh menghilangkan kelebihan zat besi dan dengan pemindahan darah selama lebih dari satu tahun banyak kerusakan yang dapat dicegah atau bahkan dibalikkan.

Tubuh akan dengan mudah dapat menggantikan darah yang hilang, jadi jangan khawatir. Tidak ada suplemen yang diperlukan jika Anda makan secara normal, tetapi ketika darah Anda akan diambil, Anda harus minum cukup cairan dan menghindari olahraga berat selama 24 jam.

(photo: livingwithpower.org)