Makanan Yang Membuat Anda Awet Muda

Loading...

Saat Anda memasuki usia 40 tahunan ke atas mungkin Anda akan lebih waspada terhadap kerutan yang mulai timbul pada wajah Anda. Dimulai dengan menjaga makanan yang akan dikonsumsi atau melakukan perawatan wajah.

Tapi ternyata, bukan hanya perawatan wajah yang dapat Anda lakukan untuk membuat wajah Anda tetap awet, Anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang dapat membuat Anda terlihat muda.

Berikut makanan yang dapat membuat Anda tetap awet muda dan dapat dikonsumsi secara aman.

Ubi Jalar

Ubi jalar
Ubi jalar (photo: holisticallyhaute.com)

Beta-karoten yang terkandung di dalam ubi jalar membuat umbi ini berwarna orange. Beta karoten berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit Anda, membuat wajah tetap lembab dan membantu pergantian sel-sel mati sehingga membuat kulit tetap halus.

Ikan Salmon

ikan salmon
ikan salmon (photo: health.com)

Astaxanthin adalah kandungan dalam ikan salmon yang membuatnya berwarna merah muda. Astaxanthin berasal dari karotenoid alami yang mengandung antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas, molekul jahat yang dapat  merusak sel membran dan DNA dan kulit akibat usia. Sebuah studi menemukan bahwa dengan mengkonsumsi satu porsi ikan salmon setiap lima hari dapat mencegah timbulnya actinic keratosis (kulit bersisik) yang biasanya tumbuh pada wajah, bibir, dan telinga.

READ:  Daun Ungu, Herbal Bermanfaat dalam Mengobati Buang Air Besar Berdarah

Tomat

Tomat
Tomat (photo: dupont.com)

Pigmen merah yang terdapat pada tomat disebut dengan nama lycopene. Lycopene adalah antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan kulit akibat sinar matahari atau dapat dikatakan sebagai tabir surya untuk kulit wajah Anda.

Buah Jeruk

buah jeruk
Buah jeruk (photo: paulwhartonstyle.com)

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk sangat penting untuk membangun kolagen yang dapat membuat kulit wajah tampak muda dari usia Anda. Citrus bioflavonoid yang terdapat dalam setiap buah juga dapat melindungi kulit dari sinar UV .

Sayuran Berdaun Hijau

sayuran hijau
sayuran hijau (photo: boldsky.com)

Bayam, kangkung, atau sayuran lainnya mengandung lutein( karonetoid yang ada dalam sayuran hijau) membantu melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat menyebabkan peradangan dan keriput pada wajah.