Mengapa Kita Perlu Mengkonsumsi Probiotik?

Loading...

Supplements ProbiotikSuplemen Probiotik 

Probiotik adalah bakteri yang secara alami dapat ditemukan dalam usus. Probiotik berperan utama dalam melawan bakteri jahat yang ada di dalam usus yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika sistem imun menjadi lemah, ini akan membuat Anda mudah terserang penyakit. Misalnya, infeksi, peradangan, alergi dan masalah pencernaan.

Ada dua jenis kekebalan, yaitu: kekebalan bawaan yang mana sudah ada sejak lahir dan yang kedua kekebalan adaptif, berkembang seiring dengan kita bertumbuh.

Hal ini lebih kompleks karena memiliki kemampuan untuk belajar mengidentifikasi serta melawan bakteri yang dapat menyebabkan kita sakit. Probiotik adalah penguat sistem kekebalan tubuh (Sistem Imun).

Menurut sebuah studi yang ditampilkan dalam Journal of Leukocyte Biology pada bulan Januari 2011 mengaungkapkan bahwa probiotik membantu meningkatkan sistem kekebalan bawaan dan juga memainkan peran dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh adaptif.

Studi ini menemukan bahwa probiotik berguna untuk mengobati alergi dan masalah lainnya yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

READ:  Mengenal Biotin

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik maupun mengkonsumsi probiotik yang dalam bentuk kapsul, dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Hal ini diungkapkan oleh tim medis dari University of Reading, Inggris, dalam sebuah studi ditampilkan dalam edisi 2011 Januari “European Journal of Nutrition.”

Ketika Melakukan Perjalanan

Ketika akan bepergian, jangan lupa bawa probiotik. Pilihan terbaik, bawa yang bentuk kapsul (biasanya dijual di apotik). Ketika seseorang melakukan perjalanan, makanan yang mereka makan biasanya adalah makanan yang belum pernah mereka konsumsi sebelumnya. Mengkonsumsi probiotik dapat menghindarkan Anda dari diare.

Sebuah tinjauan ekstensif dari studi penelitian yang mengevaluasi manfaat probiotik untuk mencegah diare dilakukan oleh tim medis dari Departemen Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, Seattle.

Penelitian, yang diterbitkan dalam edisi Maret 2007 “Travel Medicine and Infectious Diseases” menemukan bahwa probiotik, khususnya Saccharomyces boulardii, Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bifidum, sangat efektif bila digunakan untuk melawan diare. Para penulis menunjukkan bahwa probiotik adalah metode yang aman dan efektif dalam mencegah diare.

READ:  Makan Cokelat Turunkan Risiko Stroke pada Pria

Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter agar menemukan dosis dan anjuran yang pas bagi Anda dari para profesional.

Pertimbangan. Perlu diingat bahwa probiotik tidak boleh digunakan untuk menggantikan obat-obatan konvensional yang kita pakai.

(foto: webmd.com)