Kenali Tanda Awal dan Tanda Akan Melahirkan

Loading...

tanda-tanda-melahirkanTanda-tanda akan melahirkan

Jika Anda sudah memasuki trimester akhir kehamilan, Anda akan mulai mencari-cari informasi tentang persalinan. Apa yang akan Anda rasakan nanti dan tanda-tanda apa yang harus diketahui jika sudah waktunya melahirkan.

Kebanyakan wanita akan melahirkan di usia kehamilan 39 sampai 41 minggu, namun terkadang kehamilan masing-masing orang akan berbeda.

Maka secara garis besar kita bisa mempelajari tanda-tanda apa yang bisa menjadi patokan bagi Anda kalau ternyata sudah saatnya Anda akan melahirkan.

Tanda-tanda akan melahirkan memiliki gejala awal yaitu :

Nyeri di selangkangan

Bagian selangkang Anda akan terasa tertekan sehingga sedikit nyeri. Hal ini diakibatkan oleh kepala janin yang mulai menekan dan turun ke bawah sehingga perasaan mulas, rasa ingin buang air besar dan rasa ingin buang angin sering terasa.

Tulang panggul terasa sakit hingga tulang belakang

Ini biasanya disebabkan adanya pergeseran dan janin yang bergerak menekan tulang belakang Anda.

Keluar berupa lendir kental kadang bercampur darah

Yng menandakan serviks atau leher rahim Anda mulai membuka, gumpalan lendir yang biasanya lengket pada leher rahim akan ikut terlepas dan keluar melalui vagina.

READ:  Apakah Kita Benar-Benar Membutuhkan Suplemen dan Vitamin?

Adanya kontraksi

Awalnya rasa sakit di punggung bagian bawah, kemudian bergeser makin ke bawah perut dan terasa mulas seperti saat haid. Perlahan akan terasa perut mengejang, ini hanyalah kontraksi palsu karena munculnya sekali-sekali namun teratur.

Jika ke-empat tanda awal ini sudah terasa berarti Anda akan memasuki tahap tanda akan melahirkan yaitu :

  1. Posisi bayi mulai turun dan memasuki rongga panggul dan ibu mulai sedikit merasa lega dalam bernafas
  2. Lendir akan keluar bercampur darah
  3. Pecahnya ketuban. Air ketuban yang biasa untuk melindungi bayi dalam rahim pecah dan keluar terkadang seperti semburan normal berwarna jernih sedikit keruh dengan jumlah yang bervariasi
  4. Kontraksi semakin menjadi dan rapat, serta intens. Kontraksi terjadi kurang dari 10 menit kemudian berulang lagi, maka ini adalah tanda akan terjadi proses persalinan

Persiapkan diri dan mental Anda agar tidak stres dan pastikan di waktu-waktu mendekati hari kelahiran, selalu ada orang terdekat di samping Anda.

(photo: inmagine.com)