Kulit Sensitif dan Perawatannya

Loading...

perawatan kulit sensitifPerawatan kulit sensitif

Memiliki kulit sensitif memang serba salah, menggunakan kosmetik ini salah, menggunakan produk ini salah, menggunakan sabun ini salah, sehingga banyak orang yang memiliki kulit sensitif kebingungan bagaimana melakukan perawatan terhadap kulit wajah dan tubuh mereka.

Sebenarnya mengidentifikasi kulit sensitif itu seperti apa? Dr. Lilik Norawati, SpKK mengatakan kulit sensitif yaitu kulit yang rentan terhadap faktor luar, kerentanan itu antara lain jerawat, rosasea atau memerah, panas dan perih serta dermatitis.

Tipe pertama

Jerawat, biasanya kulit sensitif akan segera bereaksi menjadi jerawat jika ada faktor luar yang mempengaruhinya seperti cuaca dan iklim.

Tipe kedua

Rosasea, yaitu kulit akan terpapar menjadi kemerahan akibat faktor luar seperti memakan makanan pedas, emosi, dan pengaruh obat.

Tipe ketiga

Panas dan perih, jika kulit diberi kosmetik akan langsung bereaksi gatal, panas dan terasa perih.

Tipe keempat

Dermatitis kontak, dimana kulit akan meradang parah sehingga menjadi rusak, biasanya akibat penggunaan produk kosmetik.

Untuk perawatan bagi kulit sensitif perlu diperhatikan perawatan yang lebih efektif dan hindari penggunaan produk kecantikan yang berlebihan. Perhatikan juga beberapa hal berikut:

READ:  Tips Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami

1. Pastikan kulit cukup lembab, karena jika kulit kekeringan akan menjadi semakin sensitif. Caranya cukup dengan meminum air putih yang cukup dan gunakan pelembab berbahan ringan, natural dan harus mengandung hypoallergenic untuk mencegah reaksi sensitif.

2. Konsumsi makanan yang sehat untuk kulit. Banyak makan sayuran, buah dan usahakan kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh tercukupi sehingga kulit juga akan tercukupi kebutuhannya.

3. Hindari kontak langsung dengan matahari. Matahari sangat mempunyai andil besar dalam merusak kulit, kulit akan terbakar dan memerah. Pastikan selalu menggunakan tabir surya pada kulit wajah, bibir dan tubuh, dan tetap hindari kontak terlalu lama di bawah sinar matahai.

4. Jika Anda bekerja di ruang ber-AC dan di luar ruangan, pastikan agar kulit selalu terlindungi. Pakailah pelembab atau lotion yang membantu menjaga kulit tetap lembab.

5. Jangan gunakan produk kosmetik yang berpewarna dan berbau terlalu tajam karena pengharum buatannya. Kulit Anda tidak butuh pewangi buatan dan pewarna, yang kulit butuhkan adalah manfaat menyehatkannya.

READ:  10 Tips dalam Merawat Kulit Sensitifmu!

(photo: idecara.blogspot.com)