Kebotakan pada Pria, Indikasi Resiko Penyakit Jantung

Loading...

pria botakKebotakan pada pria

Pria dengan rambut tipis mungkin lebih cenderung memiliki masalah jantung daripada teman-teman mereka dengan kepala penuh rambut, menurut para peneliti di Jepang, dikutip dari BBC.

Studi pada hampir 37.000 orang, yang diterbitkan dalam jurnal online BMJ Open, mengatakan bahwa pria botak 32% lebih mungkin memiliki penyakit jantung koroner. Namun, para peneliti mengatakan bahwa resikonya kurang untuk merokok atau obesitas.

British Heart Foundation mengatakan bahwa pria harus fokus pada garis pinggang mereka, bukan garis rambut mereka.

Pergeseran garis rambut adalah kenyataan hidup bagi banyak pria. Setengah telah memiliki rambut menipis pada usia 50-an dan 80% memiliki beberapa rambut rontok pada usia 70.

Para peneliti di University of Tokyo menyelidiki penelitian sebelumnya ke hubungan antara rambut rontok dan masalah jantung selama bertahun-tahun.

Mereka menunjukkan bahwa rambut yang menipis terkait dengan penyakit jantung koroner. Ini telah disesuaikan dengan faktor resiko lain seperti usia dan riwayat keluarga.

Dr. Tomohide Yamada, dari University of Tokyo, mengatakan: “Kami menemukan hubungan yang signifikan, meskipun sederhana, antara kebotakan, setidaknya di atas kepala, dan resiko penyakit jantung koroner.

READ:  Manfaat dan Bahaya Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

“Kami pikir keduanya bertautan, tapi tidak sekuat banyak tautan lain yang dikenal seperti merokok, obesitas, kadar kolesterol dan tekanan darah.”

Ia mengatakan pria yang lebih muda dan kehilangan rambut harus fokus pada peningkatan gaya hidup mereka untuk memastikan mereka menjaga jantung mereka sehat.

Well, tidak ada cukup bukti untuk menyarankan screening masalah jantung untuk pria botak.

Ada pendapat tentang peningkatan kepekaan terhadap hormon pria, resistensi insulin dan peradangan pada pembuluh darah mempengaruhi baik jantung dan rambut.

Doireann Maddock, seorang perawat jantung dari British Heart Foundation, mengatakan: “Meskipun temuan ini menarik, pria yang pernah kehilangan rambut mereka tidak harus khawatir dengan analisis ini.”

“Banyak penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi hubungan antara pola kebotakan laki-laki dan peningkatan resiko penyakit jantung koroner,” katanya.

Berhenti merokok, menjaga berat badan yang sehat dan menjadi seaktif mungkin dapat Anda lakukan untuk membantu melindungi jantung Anda.

(photo: tokopria.com)