Cara Gampang Merawat Sepatu Futsal

Loading...

sepatu futsalSepatu futsal

Perlengkapan apa yang memberi pengaruh penting saat kita bermain futsal? Sepatu? Ya!. Kenapa? Karena sepatu adalah alas pelindung kaki ketika di lapangan. Selain berfungsi sebagai pelindung, sepatu bisa memberi kenyamanan para pemain untuk bergerak, melangkah, dan menyerang untuk menguasai permainan. Mungkin karena alasan itulah, kenapa tropi pemain terbaik piala dunia berbentuk sepatu.

Oleh karena itu, kita harus memakai sepatu yang berbahan kuat, pas dan cocok untuk kita. Tapi, bagaimana cara agar kita bisa menggunakan sepatu dalam jangka lama dan bisa menghemat budget agar tidak terlalu sering membeli sepatu? Kuncinya: kita harus bisa merawatnya!

Setidaknya ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam merawat sepatu futsal. Pertama, bagaimana agar sepatu tetap awet dan kuat? Kedua, bagaimana agar sepatu selalu terlihat bersih dan warnanya tetap mengkilat? Ketiga, bagaimana agar sepatu tetap nyaman dipakai?

1. Agar sepatu kuat dan awet, gunakan sol dalam sepatu. Sol ini bisa menambah kekuatan jahitan sepatu. Tidak membiarkannya lembap sehingga ditumbuhi jamur juga tidak menumpuknya di lemari karena akan merusak bentuk sepatu. Simpanlah sepatu menggunakan kotak, dan jejerkan di rak sepatu khusus.

READ:  4 Langkah Tepat Membeli Pakaian dengan Ukuran Pas Saat Belanja Online

2. Agar sepatu bersih dan terlihat baru. Kita harus rajin membersihkannya dan menggunakannya  secara yang benar.

  • Kita tidak perlu membersihkan sepatu dengan membasahi bagian dalam sepatu dengan air. Cukup bersihkan bagian luarnya saja.
  • Bersihkan dulu bagian alas sepatu. Cara yang terbaik adalah segera membersihkannya setelah bermain di lapangan terutama di rumput sintesis yang kotor, agar tidak menjadi noda membandel. Bersihkan setiap inchi alas sepatu (bisa menggunakan tusuk gigi), dan menyikatnya dengan sabun dan air mengalir kecil. Kita bisa mengeringkan menggunakan kertas koran, yang berfungsi sebagai moisturizer.
  • Setelah bagian bawah selesai, Selanjutnya adalah perawatan bagian kulitnya. Gunakan sikat gigi bekas yang lembut. Sikat dari bagian bersih dulu baru ke bagian kotor. Ini agar bagian kotor tersebut tidak menjalar kemana-mana.
  • Setelah itu, keringkan. Lalu gunakan semir cair sesuai warna sepatu. Gunakan warna netral untuk sepatu berwarna. Gunakanlah MINK
    OIL agar terlihat mengkilat.

3.  Agar sepatu tetap nyaman di kaki. Kenyamanan ini merujuk pada kebersihan dan kesehatan kaki. Kita bisa melakukan cara berikut ini:

  • Tidak memakai sepatu basah, Jika basah keringkan dan letakkan di tempat terbuka. Karena jika memakai sepatu basah, sepatu akan berbau busuk dalam jangka waktu kurang dari satu hari.
  • Selalu mencuci dan mengeringkan kaki terlebih dahulu sebelum memakai sepatu.
  • Jangan lupa memakai kaos kaki, ini akan membantu menyerap keringat dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam sepatu.
  • Pastikan kita memakai kaos kaki yang bersih setiap harinya. Cuci kaos kaki dengan menggunakan produk-produk yang mengandung desinfektan. Ini bisa mencegah munculnya bau karena bakteri pada kaos kaki dan sepatu kita.
READ:  Tips Merawat Sepatu Kanvas Agar Awet Dan Tahan Lama

Jangan lupa juga memelihara kebersihan kaki. Jika ada jamur, segera tangani. Penebalan kulit juga sering menahan bau keringat bahkan setelah mandi. Karena itu, gosoklah kaki secara perlahan dengan menggunakan batu apung. Hal ini bisa membantu mengangkat kulit tebal pada kaki.

Demikian cara gampang merawat sepatu futsal. Semoga bermanfaat.

(photo: news.pesanlapang.com)