Makanan Yang Dapat Membantu Menghilangkan Insomnia

Loading...

InsomniaInsomnia

Insomnia adalah sulitnya mata untuk terpejam saat malam hari. Saat Anda sudah berada di tempat tidur dan mencoba untuk memejamkan mata, tetapi pada kenyataannya mata Anda tidak juga terpejam hingga dinihari tiba. Makanan dan minuman yang mengandung kafein dapat menjadi salah satu penyebab insomnia sehingga mengganggu pola tidur Anda. Nah, saat ini ada beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi sehingga membuat Anda lebih mudah tertidur.  Selain itu, beberapa makanan ini juga dapat benar-benar membantu mencegah insomnia Anda.

Berikut lima jenis makanan yang dapat mengatasi masalah insomnia Anda.

Ayam Kalkun

Mungkin Anda merasa aneh saat menyantap ayam kalkun rasa ngantuk tiba-tiba timbul. Hal ini disebabkan karena ayam kalkun mengandung triptofan, asam amino yang dapat membantu Anda cepat tertidur. Makanan lain yang dapat Anda konsumsi selain ayam kalkun yaitu telur, keju, dan susu. Kalsium yang terkandung di dalam makanan tersebut pun dapat membantu perkembangan triptofan.

Teh Tanpa Kafein

Kafein dalam teh manis panas dan beberapa jenis teh menjadi penyebab Anda tidak bisa tidur dan gelisah sepanjang malam. Tetapi tidak semua teh mengandung kafein, salah satu contohnya yaitu teh chamomile. Teh ini dapat menghilangkan rasa gelisah yang Anda rasa. Teh ini juga sudah digunakan ribuan tahun yang lalu sebagai salah satu bahan untuk obat yang bisa membantu mengatasi saat Anda terjaga, gelisah, dan menderita insomnia di malam hari.

READ:  Bagaimana Cara Mencegah Insomnia?

Zat hijau (klorofil)

Zat hijau atau klorofil yang biasanya terdapat pada sayuran berdaun hijau seperti kangkung atau bayam diyakini dapat mengobati insomnia. Mungkin Anda tidak akan merasakan ngantuk secara langsung,Tetapi zat hijau atau klorofil akan mengurangi insomnia secara perlahan.

Daun Kemangi

Beberapa tumbuhan yang mungkin sering Anda gunakan ternyata memiliki efek dapat menyembuhkan insomnia seperti daun kemangi. Tumbuhan ini biasanya digunakan sebagai penambah aroma pada masakan dan tanpa disadari juga memberi efek positif yaitu mengurangi insomnia Anda. Tumbuhan ini sangat mudah di dapat bahkan dapat tumbuh secara liar di pekarangan rumah Anda.

Buah

Gula yang terkandung di dalam buah-buahan dapat mengganggu tidur Anda, tetapi dalam beberapa buah-buahan seperti mulberry dan lemon memiliki kandungan yang dapat memberikan efek tenang sehingga dapat membuat Anda tertidur.

Makanan Yang Harus Dihindari

Makanan pedas dan kafein adalah salah satu faktor utama penyebab insomnia, terutama jika dimakan sebelum tidur. Makanan olahan yang mengandung gula seperti roti putih juga dapat menjadi penyebab insomnia. Jika Anda sedang melakukan program diet kurangi mengkonsumsi makanan tersebut terutama sebelum tidur.