Vitamin Untuk Membantu Melawan Inflamasi

Loading...

makanan sehatMakanan sehat

Di dalam tubuh, peradangan dapat menjadi teman, atau malah mengacaukan kesehatan Anda. Sisi baiknya, peradangan membantu sistem kekebalan Anda melindungi tubuh terhadap bakteri penyebab penyakit, virus, dan penyerbu asing lainnya yang dinyatakan membawa penyakit.

Sisi buruknya adalah ketika peradangan terjadi tanpa sebab – dengan kata lain, ketika tubuh Anda tidak berada di bawah serangan dari penyerbu asing. Ketika respon inflamasi yang terlalu aktif terjadi, ia dapat merusak. Diabetes, penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer semuanya telah dikaitkan dengan peradangan jangka panjang (kronis).

Jadi apa yang bisa Anda lakukan? Makan makanan yang sehat! Penelitian menemukan bahwa makanan dapat memainkan peranan penting dalam mengurangi peradangan. Beberapa vitamin khusus mungkin membantu mengendalikan proses inflamasi dalam tubuh.

Berikut adalah beberapa vitamin yang memiliki sifat anti-inflamasi paling potensial, dikutip dari webMD:

Vitamin A

Vitamin A banyak ditemukan dalam susu, hati, dan beberapa makanan yang diperkaya. Beta-karoten merupakan pro-vitamin yang ditemukan dalam wortel dan banyak sayuran berwarna yang dapat dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A merupakan antioksidan. Itu berarti melindungi terhadap zat berbahaya dalam tubuh yang disebut radikal bebas, yang dapat merusak DNA dan menyebabkan kanker dan penyakit lainnya. Vitamin A juga memiliki efek anti-inflamasi.

READ:  Yuk, Buat Sendiri Toner Wajah Anda!

Vitamin B6

Anggota keluarga vitamin B ini berlimpah dalam makanan seperti daging sapi, kalkun, sayuran, dan ikan. Karena vitamin B6 larut dalam air, tubuh Anda terus-menerus membersihkan diri darinya, sehingga Anda perlu untuk memenuhinya setiap hari melalui makanan.

Vitamin C

Tubuh Anda menggunakan vitamin ini, yang ditemukan dalam jeruk dan buah jeruk lainnya, untuk beberapa tujuan yang berbeda. Vitamin C membantu memproduksi kolagen – blok pembangun kulit, tulang rawan, ligamen, dan pembuluh darah, dan melindungi terhadap zat berbahaya yang berkontribusi terhadap penyakit. Vitamin C adalah antioksidan yang efektif dan studi menunjukkan bahwa ia memiliki beberapa manfaat anti-inflamasi.

Vitamin D

Vitamin yang sama yang bekerja dengan kalsium untuk menguatkan tulang juga dapat melindungi terhadap peradangan. Vitamin D dapat ditemukan pada ikan, hati, daging sapi, kuning telur, dan beberapa makanan yang diperkaya. Vitamin D juga diproduksi dalam tubuh saat kulit terkena sinar matahari.

Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan lain dengan sifat anti-inflamasi. Sumber makanan umum meliputi kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau.

READ:  5 Kondisi Medis Langka Paling Aneh di Dunia

Vitamin K

Vitamin K ditemukan pada sayuran hijau seperti asparagus, brokoli, kangkung, dan bayam – terkenal karena perannya dalam membantu bekuan darah, tetapi penelitian menemukan bahwa ia mungkin memiliki manfaat lain juga.

(photo: healthyfoodhouse.com)