7 Manfaat Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Loading...

sayuran hijauSayur-sayuran

Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam disebut sebagai ratu sayur karena paling banyak mengandung klorofil atau zat hijau. Biasanya wanita atau pria yang melakukan program diet banyak mengkonsumsi sayuran hijau karena baik untuk tubuh dan dapat menahan rasa lapar yang datang lebih cepat karena tidak mengkonsumsi nasi.

Berikut tujuh manfaat besar dari sayuran hijau yang dapat Anda tambahkan dalam program diet sehari-hari Anda.

1. Kandungan Kalori, Serat dan Lemak

Sayuran hijau memiliki kandungan kalori yang rendah, serat yang tinggi dan tanpa lemak. Satu cangkir sayuran hijau hanya mengandung 36 kalori, 5 gram serat dan 0 gram lemak. Ini dapat membantu proses pencernaan karena mengandung serat yang tinggi. Sayuran hijau juga mengandung nutrisi, vitamin, folat sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh Anda jika dalam program diet.

2. Tinggi Zat Besi

Sayuran hijau lebih banyak mengandung zat besi dibanding daging sapi. Zat besi sangat baik untuk kesehatan seperti membantu pembentukan hemoglobin dan enzim serta mengangkut oksigen keberbagai sel, baik untuk pertumbuhan dan fungsi hati.

READ:  Manfaat Kesehatan Menggunakan Bindi

3. Kaya Akan Vitamin K, A dan C

Vitamin K dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Vitamin ini juga untuk menjaga fungsi tubuh dan kesehatan tulang dan mencegah pembekuan darah. Vitamin K juga dapat membantu para penderita penyakit Alzheimer sedangkan Vitamin A dapat mencegah bau mulut dan kanker paru-paru. Vitamin C yang terkandung dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda juga menjaga kesehatan tulang rawan dan sendi.

4. Kandungan Antioksidan

Sayuran hijau mengandung antioksidan. Jenis antioksidan, seperti karotenoid dan flavonoid membantu melindungi tubuh terhadap berbagai jenis kanker.

5. Anti-inflamasi

Sayuran hijau adalah makanan yang mengandung anti-inflamasi. Satu cangkir sayuran hijau mengandung 10% RDA dari asam lemak omega-3 yang membantu melawan arthritis, asma dan gangguan autonium.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Sayuran hijau sangat bagus untuk kardiovaskular. Mengkonsumsi sayuran hijau dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

7. Tinggi Akan Kalsium

Sayuran hijau ternyata memiliki kandungan kalsium yang lebih tiggi dibanding susu karena itu dapat membantu mencegah pengkroposan tulang, osteoporosis dan mempertahankan metabolisme tubuh.

READ:  15 Tips Memijat Bayi Dengan Benar

(photo: layingwithmyfood.net)