Tips Aman Terhindar Dari Gosip Kantor

Loading...

gosip di kantorGosip di kantor

Siapa yang tidak suka bergosip? Gosip bisa menimpa siapa saja tidak hanya di rumah, sekolah, atau bahkan di kantor. Baik pegawai swasta ataupun negeri tidak terlepas dari gosip. Banyak hal yang bisa menjadi bahan perbincangan di kantor misalnya bos yang pelit dan cerewet, gaji yang tak kunjung naik atau gosip seputar teman sekantor.

Menggosipkan hal – hal seputar pekerjaan dan kantor mungkin tidak masalah. Tapi, bagaimana jika yang menjadi objek perbincangan di kantor adalah Anda sendiri? Tentu Anda akan merasa risih dan hubungan dengan sesama teman di kantor pun menjadi kurang harmonis. Dikutip dari jobacle.com agar terhindar dari gosip kantor, lakukan tips berikut.

Kenali “biang gossip”

Pintar – pintarlah mengenali siapa teman sekantor Anda yang hobi menggosip. Pasang mata dan telinga Anda karena tukang gosip memang tidak mudah dikenali. Mereka selalu ingin menjadi pusat perhatian selama belum menjadi objek yang digosipkan. Belajar untuk mengenal satu persatu teman sejawat di kantor akan memudahkan Anda untuk lebih berhati – hati  berbicara hal – hal yang bersifat pribadi kepada mereka yang suka menyebarkan gosip.

READ:  6 Drama Jepang Adaptasi Manga Wajib Tonton

Bicarakan pekerjaan

Jangan terlalu memberi banyak informasi mengenai hal – hal yang bersifat pribadi kepada teman yang tidak terlalu dekat dengan Anda. Kadang kita menjadikan teman kantor sebagai tempat curhat. Pilihlah orang yang tepat yang bisa menjaga rahasia Anda. Membeberkan kehidupan pribadi Anda kepada orang yang tidak tepat akan menimbulkan gosip tidak sedap mengenai Anda di kantor. Lebih baik membicarakan pekerjaan atau hal – hal positif daripada membicarakan kejelekan orang lain.

Hindari mengumbar kehidupan pribadi di dunia maya

Sosial media seperti facebook dan twitter bisa menjadi sumber gosip. Anda tidak akan tahu status atau komen – komen dari teman Anda bisa menjadi bahan perbincangan hot di kantor. Hindari menulis status yang berhubungan dengan pekerjaan di kantor atau hal – hal yang berhubungan dengan masalah pribadi Anda. Anda tidak akan pernah tahu bila teman atau bos Anda sendiri bisa menjadi stalker (penguntit).

Bersikap santai

Jika Anda terlanjur terkena gosip yang tidak mengenakkan, janganlah terlalu diambil hati. Hal ini akan membuat Anda sedikit stres tapi lambat laun gosip tersebut akan menghilang begitu saja seperti ditiup angin. Tetap fokus dengan pekerjaan dan cuek dengan semua yang dikatakan orang terhadap Anda. Toh gosip yang beredar belum tentu ada benarnya.

READ:  6 Legenda dan Peradaban Kuno yang Terlupakan

(photo: mindtools.com)