Tips Agar Tidak Mendengkur Saat Tidur

Loading...

mendengkur saat tidurMendengkur saat tidur

Secara tidak sadar, ada sebagian orang yang mendengkur saat tidur. Kebiasaan mendengkur atau ngorok seringkali membuat orang lain atau pasangan kita terganggu. Mendengkur atau ngorok adalah suara yang ditimbulkan ketika tidur akibat penyempitan saluran udara.

Apa yang menyebabkan seseorang mendengkur pada saat tidur? Penyebab utama tidur mendengkur karena lidah dan langit – langit mulut saling bersinggungan sehingga udara tidak masuk dan akhirnya menimbulkan getaran.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi mendengkur pada saat tidur.

Tidur miring

Ubah posisi tidur Anda dari posisi telentang menjadi miring. Posisi tidur telentang seringkali membuat orang mendengkur karena lidah dan langit – langit mulut bergerak ke tenggorokan. Akibatnya pernapasan tersumbat karena tidak ada udara yang masuk. Jika tidak terbiasa tidur dengan posisi miring, anda bisa menaruh bola tenis di bagian belakang Anda agar ketika berbalik ada yang bisa mengganjal Anda untuk tidak tidur telentang.

Kurangi berat badan

Mendengkur biasanya banyak dialami oleh orang yang bertubuh gemuk. Orang yang bertubuh gemuk memiliki diameter tenggorokan yang kecil sehingga udara yang masuk pun sedikit.

READ:  Kenali Jenis-Jenis Narkoba di Sekitar Anda

Hindari alkohol

Minum alkohol sebelum tidur bisa menyebabkan seseorang mengorok. Alkohol dapat mengurangi kinerja otot – otot di bagian tenggorokan yang menyebabkan bunyi dengkuran saat tidur.

Bersihkan hidung anda

Bersihkan hidung Anda dari kotoran atau lendir yang menyumbat hidung. Kotoran atau lendir yang menempel di hidung bisa menyumbat aliran udara sehingga mengakibatkan bunyi dengkuran. Cara lain membersihkan hidung adalah dengan menghirup uap air agar bisa bernafas dengan lancar. Basahkan  handuk dengan air hangat kemudian hirup uapnya selama 10 menit. Cara ini akan menghilangkan lendir di hidung dan membuat pernapasan menjadi lega.

Perbanyak minum

Kekurangan cairan pada tubuh dapat menyebabkan sekresi dalam hidung menjadi mengental. Minum air putih yang banyak dapat mengurangi kebiasaan mendengkur. Wanita disarankan untuk meminum 11 gelas air putih perhari sedangkan pria meminum 16 gelas per hari.

Cukup tidur

Tidur yang cukup dan teratur bisa mengurangi kebiasaan mendengkur. Kurang tidur atau kelelahan menyebabkan otot tubuh tidak bekerja dengan baik dan menimbulkan ngorok saat tidur.

READ:  Ingin Mata Tetap Sehat? Simak Tips Ini!

(photo: duniafitnes.com)