Waspadai Sindrom Karpal Bila Sering Menggunakan Mouse

Loading...

karpal tunnel sindromKarpal tunnel sindrom

Bidang pekerjaan seperti programmer IT, editor, atau penulis adalah contoh pekerjaan yang menuntut karyawan untuk terus menerus bekerja berhadapan dengan komputer. Hati – hati, selalu berhadapan dengan komputer dan sering menggunakan mouse dan keyboard bisa terkena sindrom karpal.

Apa itu Sindrom Karpal?

Carpal Tunnel Syndrome atau sindrom karpal adalah penyakit rasa nyeri, kesemutan atau panas pada tangan akibat menyatunya syaraf tangan di bagian pergelangan. Penyakit ini bisa menyebabkan kelumpuhan dalam jangka panjang dan umumnya menimpa orang dewasa. Penyebab Karpal Syndrome bisa bermacam – macam di antaranya yakni penggunaan tangan yang terlalu lama dalam mengetik atau menggunakan mouse komputer. Kesalahan dalam penggunaan mouse dan keyboard yang salah bisa berakibat pada karpal sindrom.

Gejala Sindrom Karpal

Gejala awal penderita sindrom karpal yakni merasa nyeri atau sakit di pergelangan tangan, susah memegang atau menggenggam. Untuk mencegah karpal syndrome gunakanlah mouse dan keyboard pada posisi yang benar. Posisi yang benar adalah dengan menempatkan mouse atau keyboard sejajar dengan siku tangan. Jangan menempatkan mouse pada posisi lebih tinggi atau lebih rendah dari siku tangan anda.

READ:  Cara Tingkatkan Performa Sinyal Wi-Fi Hanya Dalam 5 Menit

Pilih mouse yang sesuai dengan ukuran tangan anda. Mouse yang sesuai adalah yang mudah dipegang dan menyentuh seluruh permukaan telapak tangan.

Pastikan Anda duduk tegak ketika berhadapan dengan komputer. Perhatikan pula posisi siku ketika memegang mouse. Siku agak ditekuk sedikit. Pegang mouse dengan cara betul dengan posisi tangan tidak menggantung di atas meja.

Lakukan senam tangan atau gerakkan tangan anda agar syaraf – syarafnya tidak kaku. Istirahat secara teratur selama 15 – 20 menit bisa membantu meluruskan pergelangan tangan Anda.

(photo: multiossigen.it)