Tips Mengatasi Anak Yang Manja

Loading...

tips bila anak merengekBila anak merengek

Tidak ada seorang anak yang terlahir dengan sifat manja. Sifat manja timbul dari didikan orangtua yang selalu menuruti semua kemauan anak.

Sifat manja pada anak biasanya ditandai dengan suka merengek atau marah ketika keinginannya tidak dipenuhi, mudah merajuk, selalu ingin menang sendiri dan selalu tergantung pada orang lain.

Sifat anak – anak yang manja ini terkadang membuat orangtua kesal, naik darah dan memarahi si anak.

Kami berbagi beberapa tips untuk mengatasi anak yang manja.

Ajarkan sikap mandiri

Ajarkan anak untuk melakukan segala sesuatu sendiri sesuai dengan tahap usianya.

Misalnya ajarkan mereka untuk membuka celana ketika berusia 3 tahun atau menyiapkan peralatan sekolah sendiri ketika ia berumur 7 tahun.

Berikan mereka tanggungjawab dengan mengajarkan hidup mandiri seperti mengambil makan dan makan sendiri atau memakai baju sendiri.

Buat aturan yang jelas

Jadilah orangtua yang tegas dengan menerapkan aturan yang jelas untuk si anak. Orangtua harus konsisten terhadap batasan dan peraturan yang dibuat. Jangan mudah diatur oleh anak ketika dia merengek untuk dipenuhi segala keinginannya.

READ:  5 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengadopsi Anak

Jangan selalu menuruti keinginan anak

Anak yang selalu dipenuhi keinginan dan kemauan oleh orang tuanya akan tumbuh menjadi anak yang manja dan egois. Anak merasa marah dan kecewa ketika tidak dibelikan mainan kesukaannya ketika jalan – jalan di mall.

Jangan memberikan janji kepada anak untuk menukarnya dengan mainan yang lebih bagus di lain waktu. Biarkan anak merasakan kekecewaan sehingga dia belajar mengendalikan emosinya.

Jadilah orang tua yang fleksibel

Berikan sedikit kelonggaran pada anak, jangan terlalu membatasi semua hal yang diinginkan anak.

Berikan pilihan pada anak dan biarkan mereka bereksplorasi mengenai hal–hal yang ingin dilakukannya selama itu positif. Terlalu banyak melarang anak akan membuatnya tidak percaya diri dan takut mengeksplorasi lingkungan.

Beri apresiasi

Berikan hadiah atau penghargaan ketika anak berhasil mencapai suatu target atau berhasil mematuhi peraturan yang Anda tetapkan. Anak akan merasa dihargai dan percaya dirinya pun semakin bertambah ketika ia berhasil melakukan sesuatu.

(photo: herinst.org)