Tips Melawan Dingin Ketika Mendaki Gunung

Loading...

tips mendaki gunungMendaki gunung

Cuaca dingin tidak dapat dihindari jika kita bepergian ke daerah dataran tinggi atau mendaki gunung. Mendaki gunung bukanlah hal mudah. Selain medan pendakian yang sulit, cuaca dingin adalah salah satu kendala ketika mendaki gunung. Karena perbedaan ketinggian, suhu di puncak gunung berbeda dengan suhu di dataran rendah. Tidak jarang ada pendaki yang terkena alergi gatal – gatal karena pengaruh udara yang sangat dingin.

Menaklukkan puncak tertinggi seperti puncak Mahameru adalah kepuasan tersendiri dari sebuah petualangan. Bagi Anda yang hobi bertualang ke gunung, rasa dingin bukan menjadi penghambat untuk mendaki.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk melawan rasa dingin ketika di puncak gunung.

Bawa pakaian tebal

Bawalah pakaian tebal seperti jaket, kaos kaki, kaus tangan, kupluk dan pakaian tebal lainnya. Jangan memakai baju yang berbahan jeans karena selain berat jeans tidak bisa menahan dingin.

Aklimatisasi

Sebelum menutupi tubuh dengan jaket sebaiknya lakukan aklimatisasi. Aklimatisasi adalah menyesuaikan tubuh dengan suhu dan kondisi sekitar. Biarkan tubuh Anda terkena angin atau udara gunung untuk sementara.

READ:  Indahnya Surga Bawah Laut di Wakatobi

Makan makanan hangat

Makan makanan hangat bisa mengurangi rasa dingin dan tubuh tetap hangat. Teh atau wedang jahe adalah minuman yang baik dikonsumsi untuk membuat tubuh Anda tetap hangat.

Bawa sleeping bag

Sleeping bag adalah benda wajib yang harus dibawa ketika mendaki gunung. Bawalah sleeping yang tebal dan tahan dingin.

Dirikan tenda di tempat yang pas

Dirikanlah tenda di tempat yang bisa melindungi Anda dari angin dingin. Carilah tempat yang memiliki banyak pepohonan, semak – semak atau di balik batu besar.

(photo: amazingauthentictreks.com)