Tips dan Trik Agar Tidak Mabuk Dalam Perjalanan

Loading...

tips mengatasi mabuk perjalananMabuk dalam perjalanan

Mabuk perjalanan adalah hal umum yang sering dialami oleh orang yang selalu melakukan perjalanan jarak jauh. Mabuk perjalanan sangat tidak menyenangkan karena tubuh menjadi lemas dan disertai dengan mual atau muntah – muntah. Hal ini disebabkan karena terganggunya komponen sistem syaraf seperti otak, mata dan bagian telinga.

Mabuk perjalanan timbul akibat beberapa hal misalnya kondisi tubuh seseorang yang tidak fit, bau – bauan tajam atau menyengat seperti asap rokok atau minyak wangi, suspensi kendaraan yang tidak, sirkulasi udara yang buruk atau jalanan yang tidak rata.

Nah, agar terhindar dari mabuk perjalanan, baca tips berikut.

Pilih tempat yang nyaman

Bila Anda menggunakan angkutan laut seperti kapal laut atau ferry carilah tempat yang bisa memandang laut dengan luas. Bila menggunakan pesawat, tempat duduk di sekitar sayap atau duduk dekat dengan jendela adalah tempat yang paling tepat. Ketika naik kendaraan seperti mobil, bus atau kereta pilihlah tempat duduk di dekat sopir atau duduk di bagian depan.

READ:  Soju dan Tradisi Minum Arak di Korea

Makan secukupnya

Salah satu pemicu mabuk atau muntah selama perjalanan adalah bila perut Anda kosong. Upayakan makan dan minum yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Hindari makanan dan minuman yang mengandung asam, minyak dan lemak yang tinggi.

Jangan membaca buku

Hindari membaca buku selama perjalanan. Membaca buku dalam kendaraan membuat otak bekerja lebih keras untuk merespon gerakan – gerakan yang dilakukan oleh tubuh yakni gerakan mata saat membaca dan gerakan tubuh yang timbul akibat guncangan kendaraan. Usahakan Anda mengalihkan pandangan jauh keluar. Memandang objek yang terlalu dekat dapat membuat Anda pusing.

Minum obat anti mabuk

Untuk jaga–jaga bawalah selalu obat anti mabuk perjalanan yang banyak dijual di toko–toko obat. Agar lebih amannya minumlah obat satu jam sebelum Anda berangkat.

Sirkulasi udara

Pastikan sirkulasi udara di kendaraan berjalan dengan baik. Hindari adanya asap rokok dengan duduk agak jauh dari orang yang merokok selama perjalanan.

(photo: buzzle.com)