Tips dan Cara Agar Nyala Lilin Tahan Lama

Loading...

agar lilin tahan lamaAgar lilin tahan lama

Lilin adalah alat bantu penerangan yang digunakan untuk berbagai keperluan. Lilin biasa digunakan sebagai pelengkap acara ulang tahun atau acara makan malam. Lilin juga dibutuhkan pada keadaan darurat misalnya ketika listrik padam.

Pemadaman listrik yang berjam – jam tak cukup hanya dengan menggunakan satu lilin saja. Salah satu kekurangan lilin adalah cepat habis karena dimakan api. Lilin biasanya tidak bertahan lama dan cepat habis digunakan.

Nah, agar nyala lilin bisa bertahan lama, lakukan 2 cara berikutini:

Rendam dalam larutan garam

Campurkan air dan garam dalam baskom atau ember. Ambil lilin yang ingin digunakan dan rendam dalam larutan garam selama dua minggu. Setelah direndam, jemurlah lilin tersebut sampai mengering. Nyala lilin akan bertahan lama.

Simpan di lemari pendingin

Agar nyala lilin tahan lama, Anda bisa menyimpannya dalam freezer atau kulkas sehari sebelum digunakan. Mendinginkan lilin dalam kulkas dapat membuat lilin yang digunakan tidak cepat habis dan tidak cepat meleleh.

READ:  Tea Tree Oil, dari Penggunaan hingga Efek Samping yang Ditimbulkan

Cara pemakaian dan penggunaan lilin yang benar juga mempengaruhi nyala lilin. Hindari menaruh lilin di dekat jendela, kipas angin yang membuat nyala lilin menjadi semakin besar.

Nyala api yang besar membuat lilin cepat meleleh. Potong sumbu lilin seperempat inci menggunakan gunting untuk mengurangi nyala api dan meningkatkan aliran oksigen. Simpanlah lilin di tempat yang kering dan ketika tidak digunakan.