Perkembangan Bayi Selama Masa Kehamilan

Loading...

Bayi Dalam perut IbuBayi Dalam Perut Ibu 

Jika Anda berpikir bahwa perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda hanya terjadi setelah ia lahir, Anda harus berpikir lagi. Semua proses ini dimulai sejak masa kehamilan. Selama delapan minggu pertama kehamilan, bayi disebut embrio. Hingga kelahiran, ia disebut janin. Perubahan besar akan terjadi ketika bayi Anda menjadi bayi yang sepenuhnya berkembang.

Mari kita lihat setiap trimester yang dikutip dari parenting.ygoy.com.

Perkembangan Trimester Kehamilan

Trimester Pertama:
Dalam periode ini, bayi Anda akan menunjukkan perubahan besar sebagai janin. Bayi Anda akan tumbuh dari sekelompok sel menjadi janin yang berukuran softball. Selama periode ini, organ-organ tubuhnya akan berkembang, dan ia akan mulai terlihat lebih seperti bayi. Proses tumbuh akan berlanjut hingga kelahiran.

Trimester Kedua:
Periode ini dimulai pada minggu ke-14. Selama periode ini, bayi Anda akan memiliki berat kurang dari dua pon dan hanya memiliki panjang empat inci.

Trimester Ketiga:
Periode ini dimulai pada minggu ke-27. Pada awal periode ini, bayi Anda akan memiliki berat 1-1/2 pon, panjangnya akan bertumbuh menjadi sekitar 9 inci. Setelah kelahiran, bayi Anda akan berada di sekitar 7-1/2 pon dan 21 inci.

READ:  11 Langkah Merawat Bayi Demam

Ukuran dan Berat Bayi

Umumnya, pengukuran ini menunjukkan perbedaan dari satu bayi dengan bayi yang lain. Namun, berat rata-rata akan berada di antara 7 dan 7-1/2 pon..

USG merupakan uji yang dapat mengukur berat janin. Ini juga mencakup diameter kepala bayi, dan panjang paha. Pengukuran janin lainnya juga diambil selama proses USG.

Inilah tahap-tahap perkembangan bayi yang akan Anda lihat selama masa kehamilan.

(photo: brittanystanley.com)