Tips Membersihkan Touch Screen Perangkat Gadget

Loading...

 membersihkan gadget touchscreenMembersihkan gadget touchscreen

Saat ini hampir semua gadget seperti HP, tablet, pemutar MP3, bahkan netbook menggunakan touch screen (layar sentuh). Makin sering dipakai, maka akan banyak noda di layar sentuh gadget Anda. Layar sentuh harus dibersihkan secara teratur untuk memperpanjang umur gadget Anda. Berikut ini tips membersihkan touch screen perangkat gadget Anda.

Alat-alat yang Harus Disiapkan

  • Kain Mikrofiber atau kain lembut bebas serat
  • Pembersih khusus untuk layar sentuh atau air suling

1. Pilih bahan Mikrofiber

Kain berbahan mikrofiber adalah lap yang paling pas untuk membersihkan layar sentuh Anda. Kalau tidak ada, Anda dapat memakai kain pembersih kacamata. Harga kain mikrofiber bervariasi. Disarankan untuk survey dulu agar menemukan kain mikrofiber murah tapi kualitas bagus.

2.  Matikan Gadget Anda

Ketika gadget Anda dimatikan, maka material kotoran yang tadinya nempel akan terlepas dengan mudah.

3. Jangan sapu semua bagian gadget Anda

Menyapu semua bagian gadget Anda menggunakan kain mikrofiber sebenarnya tidak perlu dilakukan, kecuali dalam kondisi tertentu misalnya gadget sangat kotor, maka Anda boleh melakukannya. Jika tidak, cukup menyapu permukaan layar sentuh saja. Lihat instruksi yang disertakan dengan kain pembersih. Jika harus dibasahi terlebih dulu, maka basahi dengan air suling atau cairan pembersih khusus layar sentuh.

READ:  Cara Membuat Email di Gmail dan Yahoo

4. Ulangi Sapuan

Setelah layar sentuh disapu menggunakan kain basah, maka ulangi sapuan dengan kain mikrofiber kering. Jangan menekan layar sentuh ketika Anda melakukan sapuan.

Demikian tips membersihkan touch screen perangkat gadget Anda. Semoga bermanfaat.

 (photo: makeuseof.com)