Indahnya Surga Bawah Laut di Wakatobi

Loading...

pesona pulau WakatobiIkan hias, coral dan pasir putih adalah pesona memukau Wakatobi

Wakatobi adalah sebuah kabupaten yang terletak di Sulawesi Tenggara. Banyak yang sudah mengenal Wakatobi baik di dalam maupun di luar negeri. Wakatobi telah menjadi sebuah taman laut nasional di Indonesia sejak tahun 1996 dan dikategorikan sebagai surga bawah laut terindah di dunia. Tak heran bila para turis berbondong – bondong mengunjungi Kabupaten Wakatobi ini. Wilayah kabupaten Wakatobi ternyata hanya terdiri dari 4 buah pulau utama, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Nah singkatan dari nama depan pulau inilah yang menjadi cikal bakal nama Wakatobi.

Apa saja yang bisa dinikmati di Wakatobi?

Bagi orang yang hobby menyelam, ternyata laut Wakatobi merupakan tempat menyelam terindah. Di tempat ini mereka dapat melihat banyak sekali koral yang sangat cantik, bahkan 750 dari 850 spesies koral di dunia ternyata ada di Wakatobi. Lebih dari 112 jenis karang hidup bersama di dalam laut Wakatobi sehingga membuat para penyelam akan berdecak kagum.

READ:  7 Tips dan Cara Mudah Packing Koper

Di taman nasional Wakatobi ini kita juga dapat menyaksikan 93 jenis ikan yang cantik berenang di sekitar karang  di dasar laut. Salah satu jenis ikan yang dapat dilihat adalah ikan merah (Lutjanus biguttatus).

Bagi Anda yang hobby berselancar maka Anda dapat berkunjung ke wakatobi antara bulan Juli sampai September sebab pada bulan ini ombak lautan akan meninggi dan sangat cocok untuk tempat berselancar.

Pulau wakatobi juga memiliki pasir putih yang masih asli dan terhampar luas yang  belum terjamah tangan – tangan manusia, sehingga pasirnya masih bersih. Di tempat ini Anda dapat memanfaatkannya untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Pengunjung juga biasanya menggunakannya sebagai tempat untuk foto prawedding.

Bagi Anda yang selama ini belum pernah melihat ikan paus secara langsung maka cobalah berkunjung di bulan November. Di waktu ini biasanya ada ikan paus sperma (Physeter macrocephalus) berkunjung dan bermain – main di pulau Wakatobi.

Bagaimana cara ke Wakatobi?

Untuk menuju ke Wakatobi kita dapat menggunakan jalur laut menggunakan kapal dan melalui jalur udara menggunakan pesawat terbang. Menggunakan jalur laut membutuhkan perjalanan yang lebih lama ketimbang menggunakan jalur udara. Selain itu, setiap hari  ada penerbangan ke Wangi – wangi  ibu kota Wakatobi menggunakan pesawat  Express air melalui jalur bandara di kota Makassar, Sulawesi Selatan.

READ:  Rekomendasi 5 Diving Spot Terindah di Indonesia

Untuk menuju kota Makassar dapat menggunakan semua jenis maskapai yang ada di Indonesia.

Ternyata negara kita Indonesia memiliki pesona alami yang tidak dimiliki oleh negara lain. Nah, tertarik berkunjung ke Wakatobi?

(Photo : tripadvisor.com)