Apa itu Terapi Bioenergi?

Loading...

terapi bioenergiTerapi bioenergi

Terapi bioenergi menggabungkan olah tubuh dengan psikoanalisis untuk membantu individu mengatasi masalah emosional dan meningkatkan potensi mereka untuk kesenangan dan kegembiraan dalam hidup.

Juga dikenal sebagai analisis bioenergi atau bioenergetika saja, sistem terapi ini diciptakan oleh Alexander Lowen. Hal ini dipandang sebagai psikoterapi humanistik untuk pendekatan pikiran-tubuh yang holistik dan juga kadang-kadang dikelompokkan dengan gestalt.

Ini diciptakan pada tahun 1950 di Amerika Serikat dan telah menyebar hingga Kanada, Eropa, Amerika Latin, Israel, Selandia Baru, Australia, Jepang dan negara-negara lain di mana banyak masyarakat mewakilinya saat ini dan berpartisipasi dalam pengayaan klinis dan teoretis. Mereka berafiliasi dengan International Institut for Bioenergetic Analysis (IIBA) di New York.

Bioenergetika adalah cara untuk memahami dan secara terapi mengintervensi baik secara psikologis maupun fisik. Diagnosa fokus pada, dilansir dari Kroppen & Samtalen:

– Memahami masalah-masalah psikologis melalui konsep psikoanalitik tradisional (misalnya, mekanisme pertahanan);
– Memahami masalah-masalah fisik dengan mengamati bentuk tubuh (misalnya, postur) dan fungsi (misalnya, kualitas gerakan selama respirasi), yang berasal dari wawasan Reich ke dalam peran pola ketegangan otot kronis dalam membentuk “karakter”.

READ:  Manfaat Telur Ayam dan Ikan Tuna

Bioenergetika selalu melibatkan proses psikologis dan fisik: kerja psikologis mirip dengan mencari makna dalam psikoanalisis, sementara olah tubuh berfokus pada peningkatan kebebasan bergerak dan energi yang tersedia bagi orang tersebut.

(photo: bioenergytherapy.ie)