Awali Hari dengan Lemon dan Air

Loading...

segelas air dan lemonAwali hari Anda dengan air dan lemon

Dikemas dengan antioksidan dan manfaat kesehatan lainnya, segelas air dengan perasan setengah lemon dapat merevitalisasi tubuh dan pikiran. Berikut adalah 10 alasan untuk meminumnya di pagi hari, dilansir dari body+soul:

1. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Perasan lemon dalam segelas air kaya akan vitamin C, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh dalam melawan pilek dan flu. Ahli gizi Michele Chevalley Hedge mengatakan lemon juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, gizi yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

2. Membantu pencernaan

Karena perasan lemon memiliki struktur atom yang sama dengan cairan pencernaan lambung, ia memiliki efek positif pada saluran pencernaan. Ini membantu membersihkan usus dengan membilas limbah dengan lebih efisien dan merangsang pelepasan asam lambung, yang membantu pencernaan. Perasan lemon juga dapat membantu meringankan gejala gangguan pencernaan, mulas dan kembung.

3. Perbaikan kulit

Lemon sangat baik untuk memerangi penuaan kulit, ujar Chevalley Hedge. Sifat antioksidan membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas, yang bertanggung jawab terhadap gejala penuaan. “Kita tahu bahwa lemon kaya vitamin C dan itulah yang membuat sintesis kolagen,” katanya. “Vitamin C diperlukan dalam sintesis asam amino menjadi kolagen dan pekerjaan kolagen dan jaringan ikat adalah untuk mengencangkan dan melindungi jaringan kulit kita.”

READ:  Pendidikan Seks dan Anak

4. Mengurangi nafsu makan

Lemon mengandung pektin, serat larut yang biasanya ditemukan dalam buah jeruk. Pektin membantu mencegah timbulnya rasa lapar karena serat menciptakan perasaan kenyang.

5. Menyeimbangkan pH

Lemon adalah salah satu makanan yang paling basa bagi tubuh dan tingkat pH yang baik adalah penting karena terlalu banyak keasaman dalam tubuh bisa menyebabkan inflamasi.

6. Membersihkan saluran kemih

Perasan lemon bersifat diuretik, yang berarti mendorong produksi urin. Akibatnya, racun dilepaskan pada tingkat yang lebih cepat, membantu untuk memurnikan sistem dan tetap sehat. Ia juga dapat mengubah tingkat pH dari saluran kemih yang menghambat proliferasi bakteri jahat.

7. Menyegarkan napas

Kualitas antiseptik dalam perasan lemon dapat membantu membunuh bakteri jahat di dalam mulut dengan bertindak sebagai disinfektan. Jika Anda khawatir asam merugikan enamel gigi, bilas mulut Anda dengan air setelahnya.

8. Melindungi kesehatan secara keseluruhan

Tingginya kadar kalium dalam lemon dapat membantu otak dan saraf berfungsi dan mengontrol tekanan darah. Air lemon juga dapat menangkal stres dan depresi, yang telah dikaitkan dengan kadar kalium rendah. Lemon juga mengandung vitamin P, yang meningkatkan permeabilitas kapiler dan aliran darah secara keseluruhan.

READ:  9 Fakta Mengagumkan Tentang Lemon yang Harus Anda Tahu

9. Mempromosikan penyembuhan

Asam askorbat, vitamin C, mempromosikan penyembuhan luka dalam tubuh dan merupakan nutrisi penting dalam menjaga kesehatan tulang, jaringan dan tulang rawan. Hal ini juga menenangkan peradangan dalam tubuh.

10. Mendetoksifikasi hati

Air lemon bertindak sebagai pembersih hati dengan membantu dalam detoksifikasi. Memurnikan dan menstimulasi hati dengan mendorong produksi empedu, asam diperlukan untuk pencernaan. Air lemon juga dapat membantu mengontrol kelebihan aliran empedu, mengurangi jumlah dahak yang diproduksi oleh tubuh dan membantu dalam melarutkan batu empedu.

(photo: throughyourbody.com)