Mengapa Mata Butuh Waktu Untuk Penyesuaian Di ruang Gelap?

Loading...

MataMata 

Salah satu hal menakjubkan yang dimiliki manusia adalah rentang yang yang luar biasa yang dimiliki manusia dalam penglihatan. Kita bisa melihat di bawah sinar matahari yang sangat terang, dan kita juga masih bisa melihat di ruangan yang hampir gelap total. Bila Anda seorang fotografer atau orang yang memahami kamera, Anda pasti tahu apa yang dimaksud.

Ketika sebuah kamera bekerja dengan baik di ruangan terbuka, maka ketika berada di ruangan tertutup dan dengan cahaya yang redup, kamera tidak akan bekerja secara maksimal. Berbeda dengan mata, walaupun mata butuh waktu dalam melakukan penyesuaian dari ruangan yang bercahaya terang ke ruangan dengan cahaya yang minim, kita masih tetap bisa melihat.

Rentang mata terbagi atas tiga bagian, yaitu:

Pupil – Pupil mata membesar atau mengecil tergantung seberapa besar cahaya yang ada. Akan mengecil ketika cahaya terlalu terang (berada diruangan terang atau di bawah sinar matahari) dan akan membesar ketika berada diruangan yang bercahaya redup.

READ:  Apakah Kopi Akan Membuat Anda Buta?

Batang dan sel kerucut di retina – Mata merasakan cahaya dengan dua jenis sel: batang dan kerucut. Sel kerucut dapat melihat warna dalam cahaya terang. Sel batang melihat gambar hitam dan putih dan bekerja terbaik di cahaya redup.

Rhodopsin – Rhodopsin adalah bahan kimia yang ditemukan di batang mata.

Rhodopsin adalah kunci untuk penglihatan di malam hari – yaitu kimia yang digunakan batang untuk menyerap foton dan menerima cahaya. Ketika molekul rhodopsin menyerap foton, akan terbagi menjadi retina dan molekul opsin. Molekul-molekul ini kemudian bergabung kembali secara alami ke rhodopsin dan rekombinasinya cukup lambat.

Jadi, ketika Anda memaksa mata melihat di cahaya terang, semua rhodopsin terurai menjadi retina dan opsin. Jika Anda kemudian mematikan lampu dan mencoba untuk melihat dalam gelap, Anda tidak bisa. Kerucut membutuhkan banyak cahaya, sehingga mereka tidak berguna, karena tidak ada rhodopsin batang mata jadi tidak berguna. Selama beberapa menit retina dan opsin kembali bergabung kembali ke rhodopsin, dan Anda dapat melihat lagi.

READ:  Manfaat Tidur Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Kulit

Retina yang digunakan dalam mata berasal dari vitamin A. Jika seseorang melakukan diet sehingga konsumsi makanan yang mengandung vitamin A menjadi rendah, maka kemungkinan orang tersebut tidak dapat melihat dalam gelap.

(photo: spar.co.uk)