Diet Yang Tepat Untuk Penderita Diabetes Tipe 2

Loading...

Type 2 Diabetes DietDiet untuk Diabetes Tipe 2

Sebuah rencana diet yang baik harus berfokus pada jumlah nutrisi yang tepat tapi harus tetap rendah lemak dan kalori. Diet untuk penderita diabetes tipe 2 sebenarnya hampir sama dengan diet pre-diabetes, hanya saja penekanan dilakukan lebih kuat pada konsumsi biji-bijian, buah dan sayuran.

Memang cara tebaik untuk mengetahui apa saja yang boleh dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2 adalah dengan berkonsultasi pada ahli gizi agar mendapatkan saran yang terbaik.

Diet Dasar Diabetes Tipe 2

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengontrol asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Meskipun begitu bukan berarti kita harus menghindari semua jenis makanan yang mengandung karbohidrat. Konsumsilah karbohidrat yang berasal dari gandum, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan atau susu rendah lemak.

Mengkonsumsi serat juga bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Serat bisa didapatkan dari mengkonsumsi rumput laut, lentil, kacang polong dan berbagai jenis sayuran. Nah, untuk diet yang membatasi jumlah masuknya lemak ke tubuh, sebaiknya tetaplah konsumsi lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang bisa didapatkan dari kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun dan minyak canola. Ikan merupakan sumber makanan yang sangat baik dikonsumsi penderita diabetes tipe 2 karena jumlah lemak dan kolesterolnya jauh lebih rendah bila dibadingkan dengan unggas (ayam).

READ:  9 Tips Menghindari Dehidrasi

Yang Harus Dihindari

Sodium dan lemak adalah salah satu kandungan dalam bahan makanan yang harus diwaspadai oleh penderita diabetes tipe 2, untuk itu perhatikanlah komposisi atau ingredients dibelakang kemasan produk makanan yang akan dibeli. Konsumsi sodium dibatasi maksimal 2.400mg perharinya. Hindari mengkonsumsi daging merah karena mengandung lemak jenuh. Dan ganti susu (serta produk turunan susu) Anda ke susu yang rendah lemak.

Hindari mengkonsumsi lemak trans. Biasanya terdapat dalam produk makanan olahan dan margarin. Jadi, hindari mengkonsumsi makanan yang dipanggang dengan menggunakan margarin.

Selain itu makanan yang tinggi kandungan kolesterolnya, kuning telur, king mackerel dan tilefish, kerang juga harus dihindari.

Akan lebih baik lagi jika rekomendasi diet untuk penderita diabetes tipe 2, Anda konsultasikan dengan dokter yang lebih ahli.

(photo: becomegorgeous.com )