Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Loading...

baking sodaBaking Soda

Baking soda telah lama dikenal sebagai salah satu bahan yang dapat berguna untuk membersihkan gigi. Tapi, simak artikel yang dikutip dari howstuffworks berikut ini yang akan membahas lebih jauh apa manfaat baking soda bagi kesehatan dan kecantikan selain yang telah disebutkan diatas.

Mendapatkan rambut bersih: Tambahkan satu sendok teh baking soda ke dalam botol shampoo yang biasa Anda gunakan untuk membantu menghilangkan sisa residu dari kondisioner maupun produk perawatan rambut lainnya yang ada di kulit kepala. Dalam keadaan darurat bila rambut Anda berminyak, taburkan baking soda dirambut lalu sisir seperti biasa. Baking soda dapat menyerap minyak berlebih yang ada dikulit kepala.

Chlorine Remover: Bilas rambut dengan 1/2 sendok teh baking soda yang dicampur kedalam 1 liter air untuk menghilangkan keruh atau kotoran yang menyebabkan perubahan warna pada air yang disebabkan oleh kolam renang yang diklorinasi.

Sisir dan sikat: Bekas hair spray ataupun minyak yang menempel di sisir maupun sikat rambut dapat hilang dengan cara merendam sikat dan sisir tersebut didalam air hangat yang telah diberi 3 sendok makan baking soda dan 3 sendok makan cairan bleaching.

READ:  6 Manfaat Menakjubkan Minyak Kelapa

Tangan: Dengan cara mencampurkan 3 sdm baking soda dengan air ataupun sabun cair pencuci tangan dapat membantu menghilangkan bau ikan, bawang merah dan bawang putih di tangan.

Siku: Gosokkan pasta baking soda ke siku untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang ada di siku.

Kaki: Bila Anda merasa lelah, rendam kaki dalam baskom yang berisi air hangat yang telah dicampurkan dengan 3 sendok makan baking soda. Atau tambahkan 4 sendok makan soda kue dalam 1 liter air hangat, dan rendam kaki selama 10 menit untuk meringankan gatal-gatal dikaki.

Menghaluskan kapalan di kulit kaki dengan cara menggosokkan pasta soda di tumit.

Untuk rasa nyeri akibat terbakar sinar matahari, celupkan waslap dengan larutan campuran 4 sendok makan baking soda dan 1 liter air. Tepuk-tepukkan didaerah yang terasa terbakar akibar sinar matahari.

Mandi: Baking soda ditambahkan ke air mandi memiliki efek melembutkan pada kulit. Tambahkan 1/2 cangkir baking soda ke dalam air mandi Anda.

Membuat busa garam mandi dengan 21/2 cangkir baking soda, 2 cangkir cream of tartar, dan tepung maizena 1/2 gelas. Campuran semua bahan, dan simpan dalam wadah tertutup. Gunakan 1/4 cup per sekali mandi.

READ:  5 Manfaat Baking Soda Yang Mengejutkan!

Meringankan gatal dikulit pada musim dingin saat mandi dengan mencampurkan 1 cangkir baking soda dan beberapa ml minyak bayi ke dalam air.

Deodoran: Campurkan tepung maizena dan baking soda lalu tepukkan ke ketiak Anda.

Perawatan kuku: Campurkan beberapa sendok baking soda dengan air hangat lalu rendam kulit kaki beberapa saat sebelum menggosok kuku. Ini akan membuat kutikula jadi lebih lunak dan gampang dibersihkan atau dipotong.

(photo: thegloss.com)