Kalium dan Jantung Anda

Loading...

sumber kaliumSumber kalium

Kalium adalah mineral sederhana dengan pekerjaan yang krusial: membantu jantung Anda berdetak. Seratus ribu kali sehari, kalium membantu memicu pemerasan darah dari jantung Anda melalui tubuh.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, gagal jantung, atau masalah irama jantung, mendapatkan cukup kalium sangatlah penting. Meskipun kalium dan kolesterol tidak berhubungan secara langsung, makan makanan kaya kalium juga dapat menurunkan kolesterol Anda. Baca terus artikel berikut, dilansir dari webMD.

Kalium: Berlimpah dan Tak Terlihat

Kalium berlimpah di dalam tanah dan air laut. Kadar kalium yang sehat sangat penting untuk semua kehidupan tumbuhan dan hewan. Sebagai elektrolit, kalium memungkinkan otot-otot kita untuk bergerak, saraf kita menyala, dan ginjal kita menyaring darah. Keseimbangan kalium yang tepat secara harfiah memungkinkan jantung untuk berdetak.

Kebanyakan orang mendapatkan banyak kalium hanya dengan makan makanan biasa. Sumber utama kalium dalam makanan kita adalah buah-buahan dan sayuran. Produk-produk susu, biji-bijian, daging, dan ikan juga menyediakan kalium.

Sumber yang sangat baik dari kalium meliputi kentang, tomat, alpukat, buah-buahan segar (pisang, jeruk, dan strawberry), jus jeruk, buah kering (kismis, aprikot, plum), bayam, buncis dan kacang polong.

READ:  Panduan Kesehatan Pada Saat Banjir

Kalium dan Jantung Anda!

Dalam jumlah yang sehat, kalium adalah mineral yang baik bagi jantung. Kalium tidak mengobati atau mencegah penyakit jantung, namun penelitian telah menunjukkan bahwa mendapatkan kalium yang cukup bermanfaat bagi jantung dalam beberapa hal penting.

– Tekanan darah tinggi

Dalam satu studi besar pada orang dengan tekanan darah tinggi, mengonsumsi suplemen kalium dapat mengurangi tekanan darah sistolik sekitar 8 poin.

Tapi Anda tidak perlu menelan pil kalium untuk mendapatkan manfaat kesehatan jantung. Makan buah dan sayuran (sumber kalium yang baik) dan susu bebas lemak atau rendah lemak dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik lebih dari 10 poin pada orang dengan hipertensi.

– Kolesterol tinggi

Hubungan langsung antara kalium dan kolesterol belum ditetapkan. Tapi yang menarik adalah banyak makanan yang terbukti dapat menurunkan kolesterol juga tinggi kalium.

Jika Anda memiliki kadar kolesterol tidak normal, Anda berada pada resiko lebih tinggi dari rata-rata untuk penyakit jantung. Hal yang sama berlaku untuk siapa pun dengan salah satu faktor resiko untuk aterosklerosis seperti merokok, tekanan darah tinggi, usia di atas 55 tahun untuk pria atau 65 untuk wanita, kurang olahraga, obesitas.

READ:  Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Kulit Sempurna

– Irama jantung tidak normal (aritmia)

Untuk orang dengan irama jantung tidak normal, kalium mungkin bahkan lebih penting. Kalium bersembunyi di dalam setiap detak jantung. Setiap otot jantung membutuhkan keseimbangan kalium yang tepat dalam rangka kontrak secara terkoordinasi.

– Gagal jantung

Bagi banyak orang dengan gagal jantung (juga disebut gagal jantung kongestif), mendapatkan cukup kalium sangat penting. Beberapa diuretik untuk gagal jantung dapat menyebabkan Anda kehilangan kalium dalam urin. Suplemen kalium atau makanan kaya kalium dapat memberikannya kembali. Tanyakan kepada dokter Anda sebelum mulai mengkonsumsi suplemen kalium.

(photo: bbc.co.uk )