3 Cara Untuk Meningkatkan Kapasitas Paru-paru

Loading...

olahraga kardiovaskularOlahraga kardiovaskular

Meningkatkan kapasitas paru-paru memang sangat penting. Kesehatan paru-paru Anda akan terjaga dalam jangka panjang. Selain itu, Anda tidak akan merasa cepat lelah, baik itu dalam aktifitas sehari-hari maupun ketika Anda olahraga.

Berikut ini cara meningkatkan kapasitas paru-paru Anda.

1. Berolahraga di Air

Berolahraga di air akan menambah elemen latihan ketahanan rejimen Anda. Tubuh Anda akan bekerja lebih keras untuk memasok oksigen ke dalam darah, ini akan menambah kapasitas paru-paru Anda.

Setelah melakukan pemanasan, masuklah ke dalam kolam. Kemudian lakukan angkat tubuh keluar masuk air (bisa dengan gerakan jongkok berdiri), sampai Anda merasakan perbedaan antara tubuh di dalam di luar air. Lanjutkan latihan ini sampai Anda merasa nyaman.

Anda juga bisa berendam dalam air sampai sebatas leher, lalu lakukan gerakan-gerakan ringan apa saja, misalnya gerakan stretching. Anda mungkin bertanya, kenapa hanya gerakan ringan?

Memang tampaknya kurang berdampak, tapi penelitian membuktikan bahwa tekanan air akan menekan aliran darah ke dada Anda sehingga nafas Anda akan lebih pendek 75% dibanding di luar air.

READ:  Manfaat Sehat dan Cantik Buah Delima

Untuk mengimbanginya, tubuh akan berusaha untuk “mencari cara” mengganti nafas yang hilang tersebut. Lakukan hal ini secara rutin. Maka sistem respiratori Anda akan lebih efisien, dan kapasitas paru-paru Anda akan meningkat.

2. Berpartisipasi dalam Olahraga Kardiovaskular

Olahraga yang termasuk jenis olahraga kardiovaskular sangat bagus untuk meningkatkan kapasitas paru-paru Anda. Lakukanlah selama minimal 30 menit, olahraga kardiovaskular ini akan “memaksa” paru-paru Anda bekerja keras.

Tapi hasilnya, kapasitas paru-paru Anda meningkat. Ada beberapa olahraga kardiovaskular yang bisa Anda lakukan:

  • Aerobik. Menjalani aerobik secara intens akan meningkatkan kapasitas paru-paru secara signifikan. Anda sendiri akan dibuat terkejut dengan peningkatan yang terjadi.
  • Bersepeda. Olahraga sepeda yang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru adalah yang jalurnya menanjak. Tubuh Anda harus memompa lebih banyak darah pada kaki Anda. Dan paru-paru Anda “dipaksa” memasok lebih banyak oksigen ke dalam darah.
  • Lari. Berlarilah di jalur keras atau di atas treadmill. Kombinasikan dengan sprint untuk memastikan paru-paru Anda bekerja keras.

3. Tinggal di Dataran Tinggi

Jika Anda serius  ingin meningkatkan kapasitas paru-paru Anda, maka tinggallah di dataran tinggi selama beberapa waktu. Pada daerah dengan ketinggian 2.500 m di atas permukaan laut, kadar  oksigennya hanya 74% dibanding di daerah yang rata dengan permukaan laut. Hal ini akan membuat paru-paru Anda bekerja keras memasok oksigen ke dalam tubuh Anda.

READ:  Tips Memperkuat Ginjal dan Hati

Ketika Anda kembali ke dataran rendah, tubuh Anda masih meningkatkan produksi sel darah merah dan hemoglobin–selama kurang lebih 2 minggu. hal ini berarti kapasitas paru-paru Anda meningkat.

Tapi ada hal yang harus Anda perhatikan, jangan berolahraga terlalu keras di dataran tinggi kalau Anda belum terbiasa, karena nanti Anda akan terkena  Altitude Sickness.

Demikian cara meningkatkan kapasitas paru-paru. Semoga bermanfaat.

(photo: buzzle.com)