Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya

Loading...

tips mengatasi mimisanBagaimana mengatasi mimisan?

Mimisan, dalam istilah medis disebut epistaksis, diartikan sebagai pendarahan yang terjadi pada hidung yang kaya akan pembuluh darah. Mimisan biasanya terjadi pada anak-anak atau orang dewasa. Berikut beberapa penyebab mimisan dan cara penanggulangannya.

Penyebab Mimisan

1. Pada umumnya mimisan terjadi dikarenakan adanya kulit yang kering dalam rongga hidung sehingga membuatnya terkelupas. Hal ini biasanya disebabkan karena perubahan cuaca dari yang beriklim rendah (dingin/lembab) ke iklim yang tinggi (panas).

2. Penggunaan obat pengencer darah (antikoagulan) atau non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAID) seperti ibuprofen. Sulitnya pembekuan darah yang disebabkan oleh penyakit hati juga dapat menyebabkan mimisan. Hal ini biasanya terjadi pada orang dewasa dan akan berlangsung selama 20 menit.

3.Terlalu sering dan keras saat membuang ingus. Ini biasanya dilakukan saat Anda terkena flu sehingga menyebabkan bagian rongga hidung infeksi.

4. Saat membersihkan rongga hidung, Anda menggunakan kuku sehingga saat tersentuh kulit akan menyebabkan mimisan.

5. Tejadinya peradangan pada sinus (rongga dan tulang disekutar rongga hidung)

READ:  10 Manfaat Tersenyum Untuk Kesehatan Tubuh

6. Terjadinya benturan pada hidung yang merusak pembuluh darah halus pada hidung.

7. Penggunaan obat-obat secara berlebihan atau obat terlarang seperti kokain.

Cara Mengatasi Mimisan

1. Langkah pertama untuk menghentikan mimisan yaitu duduk lalu pencet hidung pada bagian yang lunak dan bernafas melalui hidung.

2. Bersandar ke depan bukan ke belakang. Karena saat Anda bersandar ke belakang akan membuat darah mengalir ke sinus dan tenggorokan yang akan membuat Anda tersedak.

3. Duduk tegak, agar kepala Anda lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi tekanan darah.

4. Lakukan ketiga langkah di atas kurang lebih 20 menit atau minimal 5 menit. Jika mimisan tidak berhenti, lakukan tindakan medis. Jika mimisan berhenti, gunakan es batu lalu kompreskan ke hidung dan daerah pipi kurang lebih 5 menit.

(photo: infospesial.net )