Pengobatan Flu Dengan Obat Tradisional

Loading...

Flu atau pilek umumnya dikenal sebagai penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Flu akan muncul saat cuaca dingin, terlalu banyak minum es, kelelahan atau kehujanan. Walaupun flu tidak tergolong penyakit yang berbahaya, tetapi akan sangat mengganggu jika dibiarkan terus-menerus. Karena itu sebaiknya lakukan pengobatan flu agar tidak mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Untuk Anda yang tidak suka ke dokter atau minum obat yang berbahan kimia, berikut beberapa obat tradisional yang dapat menyembuhkan flu Anda.

Echinacea

Echinacea
Echinacea (photo: wikimedia.org)

Penduduk asli Amerika telah menggunakan tanaman ini selama kurang lebih 400 tahun untuk mengobati infeksi, gigitan ular dan luka. Hasil penelitian ilmiah juga menunjukkan tanaman ini dapat menjaga kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari virus influenza. Echinacea dapat melawan enzim yang dinamakan Hyaluronidase yang dapat menghancurkan pertahanan tubuh. Tumbuhan ini tidak hanya melawan virus influenza tetapi juga dapat memperlambat pertumbuhan tumor.

Elderberry

elderberry
Elderberry (photo: treepicturesonline.com)

Elderberry telah digunakan sebagai tonik untuk mencegah terjadinya infeksi karena flu dan sinus selama berabad-abad. Tanaman ini juga dapat menurunkan demam, membersihkan darah, dan membersihkan sel-sel tubuh dari pathogen karena mengandung asam viburnic yang dapat mengeluarkan keringat dan membantu detoksifikasi. Tumbuhan ini juga aman untuk dikonsumsi anak-anak.

READ:  Diabetes Tipe 1 pada Anak

Jahe

manfaat jahe
Jahe (photo: aidicine.com)

Jahe telah digunakan oleh orang Asia sebagai penghangat tubuh sejak zaman dulu. Jahe dapat mengobati masalah pencernaan, sakit perut, dan dapat mengobati pilek, gejala flu dan nyeri saat menstruasi. Hal ini disebabkan karena sifat panas pada akar jahe sehingga mengeluarkan keringat dan melepaskan pathogen. Anda dapat meracik jahe dengan kayu manis, caranya rebus beberapa batang kayu manis dan irisan jahe segar ke dalam air mendidih selama 20 menit.

Andrographis

Andrographis
Andrographis (photo: en.academic.ru)

Andrographis salah satu jenis obat tradisional yang digunakan di India karena dapat mengatasi infeksi pada saluran pernafasan. Bukan hanya itu, tumbuhan ini juga dapat mengurangi gejala batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala dan demam.