Manfaat dan Khasiat Kunyit Yang Luar Biasa

Loading...

manfaat kunyitKunyit ternyata memiliki manfaat luar biasa

Kunyit yang merupakan salah satu jenis tanaman rempah yang berwarna oranye kekuningan ini telah lama dikenal sebagai salah satu bumbu masak yang sering dipakai oleh orang di Timur Tengah dan Asia Tenggara sejak ribuan tahun yang lalu. Selain dijadikan bumbu masak, kunyit juga dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Misalnya mencegah infeksi pada luka dan mencegah radang.

Untuk lebih jelasnya, simak terus artikel berikut ini untuk mengetahui manfaat kunyit yang luar biasa.

1. Mencegah Kanker.

Dokter di UCLA baru-baru ini menemukan bahwa curcumin yang terkandung dalam kunyit bisa membantu mencegah dan membunuh sel kanker. Dalam penelitian tersebut, 21 subjek penelitian yang memiliki terkena kanker kepala dan leher mengunyah 2 ruas kunyit yang mengandung sekitar 1.000 miligram curcumin dan kemudian sebuah labolatorium di Maryland menganalisa dan menemukan bahwa perkembangan sel kanker yang ganas bisa diperlambat (dicegah) oleh curcumin.

2. Antioksidan.

The University of Maryland Medical Center juga menyatakan bahwa kunyit mengandung antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab kanker. Selain itu curcumin juga membantu mencegah atau mengobati beberapa jenis kanker antara lain, kanker prostat, kanker kulit dan kanker usus.

READ:  5 Manfaat Sering Makan Ikan Salmon

3. Anti-inflamasi.

Dr Randy J. Horwitz, direktur medis dari Arizona Center for Integrative Medicine dan asisten profesor kedokteran klinis di University of Arizona College of Medicine di Tucson, menulis makalah untuk American Academy of Pain Management di mana ia membahas manfaat kesehatan kunyit dan mengatakan “Kunyit adalah salah satu obat yang paling ampuh untuk digunakan sebagai anti peradangan”. Pada tahun 2006 Dr Randy kemudian melakukan penelitian terhadap tikus yang disuntikkan rheumatoid arthritis dan mengobatinya dengan curcumin, hasilnya menunjukkan bahwa curcumin menghambat rheumatoid arthritis pada tikus.

4. Mentah Lebih Baik.

Natalie Kling, ahli gizi dari di Los Angeles, mengatakan awalnya dia belajar tentang manfaat kunyit untuk mendapatkan gelar dari Natural Healing Institute of Neuropati lalu kemudian ternyata dia mendapatin bahwa kunyit ternyata bisa digunakan sebagai anti-inflamasi, antioksidan,n antiseptik dan antibakteri yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah terjadinya infeksi. Untuk itu Natalie sering menyerankan kepada pasiennya yang terkena nyeri sendi mengkonsumsi kunyit mentah (bukan jus ataupun ekstrak).

READ:  Khasiat Ramuan Kunyit untuk Kesehatan

(photo: lagalus.com)