Bolu Gulung Terpanjang di Dunia

Loading...

Jika 90 patissiers dan mahasiswa confectionery berkumpul, apa jadinya ya?

Inilah yang terjadi di Tokyo, 17 April 2013. Patissier dan mahasiswa tersebut membuat roll cake (bolu gulung) terpanjang di dunia. Mereka mengalahkan rekor Guinness World Records sebelumnya yaitu 115,09 meter oleh Shotengai Shinkokumiai Takasaki Chubu Meitengai dan Takasaki Chuoginza Shotengai Shinkokumiai pada 19 November 2011.

Roll cake sepanjang 130,68 meter ini menggunakan 54 kg tepung terigu, 43 kg gula dan 2.682 butir telur. Wah.. mari kita simak videonya ya..

Roll cake atau bolu gulung ini mempunyai banyak nama seperti Biskuit roulade di Austria, Rolada di Polandia, Rulo Pasta di Turki, Rullekake di Norwegia, Torta di Portugal, dan Rucambole di Brazil.

Tips membuat kue bolu gulung

Bolu gulung biasanya dipanggang dengan loyang dangkal. Permukaanya diolesi selai atau krim mentega lalu digulung. Agar tidak patah, disarankan untuk segera menggulung kue selagi masih panas. Pakailah kertas roti sebagai alas untuk menggulung.

Waktu pemanggangan kue bolu dapat disesuaikan dengan tebal atau tipisnya loyang yang digunakan. Semakin tebal loyang berarti waktu memanggang kue semakin lama. Agar kue tidak terlalu kering, gunakan panas tinggi. Kue bolu yang kering akan menyusahkan saat digulung karena bisa patah atau hancur.

READ:  10 Perpustakaan Mikro Paling Unik di Dunia

Untuk pengolesan selai dan krim mentega dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dioleskan sewaktu kue bolu masih panas atau bisa juga dioleskan ketika kue sudah dingin dengan cara buka gulungan kue dan oleskan selai lalu kue bolu digulung kembali.