Manfaat Daun Sirsak untuk Pengobatan

Loading...

daun sirsakBuah sirsak dan daunnya

Pada umumnya, sirsak adalah buah yang sangat lezat untuk dikonsumsi, terutama jika dibuat jus. Di balik rasa lezatnya, buah sirsak ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Tidak hanya buah sirsak saja, melainkan daun sirsak juga memilki manfaat besar untuk kesehatan dan pengobatan. Kali ini akan dibahas tentang manfaat daun sirsak.

Telah ditemukan bahwa dalam daun sirsak terkandung senyawa Acetoginin yaitu bulatacin, asimisin, dan squamosin. Kandungan Acetoginin yang tinggi dalam senyawa berfungsi sebagai anti feedent. Karena itulah, hama buah enggan memakan daun sirsak, sarinya yang rendah bisa menyebabkan serangga mati.

Sebuah studi penelitian yang telah diadakan oleh pakar kesehatan Universitas Purdue mengatakan bahwa manfaat daun sirsak tidak hanya untuk mengobati dan mencegah kanker tapi juga mengobati berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, sakit pinggang dan asma. Beberapa tipe kanker juga bisa diobati dengan daun sirsak misalnya kaker paru-paru, kanker tengkuk, kanker pankreas, dan lain-lain.

Daun sirsak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh (immune) untuk melawan segala jenis penyakit. Selain itu, daun ini juga bisa membunuh sel-sel kanker lebih cepat dan lebih aman dibandingkan melakukan kemoterapi yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan memiliki efek buruk bagi tubuh penderita kanker.

READ:  Panduan Mencuci Tangan Saat Situasi Darurat

Berikut adalah manfaat dari daun sirsak untuk kesehatan tubuh manusia.

Mengobati kanker

Telah dilakukan penelitian tentang daun sirsak yang dapat menghambat pertumbuhan dari sel-sel kanker. Tipe kanker yang dinyatakan bisa mencegah kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru dan 12 tipe kanker lainya.

Mengobati Asam Uric

Pengobatan alternatif yang lebih baik untuk sakit pinggang adalah dengan mengkonsumsi daun sirsak. Caranya mudah dan manjur untuk menyembuhkan. Cara pengobatannya, ambil daun sirsak yang masih hijau, sekitar 6 sampai 10 lembar dan cuci bersih. Selanjutnya, daun sirsak dipotong agar kandungan dalam daun sirsak keluar. Rebus daun sirsak dengan 2 gelas air, didihkan sampai menjadi 1 gelas. Minumlah ramuan dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Mengobati sakit punggung

Banyak orang tua yang mengalami sakit punggung. Terutama bagi yang jarang olahraga. Mengkonsumsi obat kimia akan memberi pengaruh buruk pada tubuh,  padahal ada obat alami (herbal) yang tidak mengandung efek negatif. Bagaimana cara membuatnya? Tidak sesulit apa yang kita dibayangkan. Ambil 20 lembar daun sirsak dan rebus dengan 5 gelas air. Didihkan dan biarkan sampai tinggal 3 gelas. Minum ramuan ini ¾ gelas sehari.

READ:  Turunkan Berat Badan dengan Diet DASH!

Membantu sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi

Kandungan dalam daun sirsak dipercaya bisa mendorong sistem immune  dan mencegah infeksi dalam tubuh. Bagaimana caranya? Siapkan 3/5 daun sirsak, rebus dengan 4 gelas air, didihkan sampai 1 gelas. Minumlah sehari 1 gelas.

Mengobati Eczema dan rematik

Penyakit rematik sering ditemukan pada orang tua, penyakit ini menyebabkan rasa sakit pada tubuh. Pengobatan alami untuk arthritis bisa diobati dengan mengkonsumsi daun sirsak. Mudah saja, tumbuk daun sirsak hingga halus dan balurkan pada tubuh yang terasa sakit untuk arthritis atau eczema secara teratur sehari 2 kali.

Mengobati bisul

Bisul ini juga sering menyerang kita, rasanya sakit dan bisa menyebabkan infeksi. Daun sirsak bisa mengobti bisul dengan cara alami. Caranya, ambil daun sirsak yang masih muda dan tempelkan pada bagian tubuh yan bisul.

Demikianlah pegetahuan mengenai manfaat daun sirsak. Jika mengkonsumsi daun sirsak setiap hari akan membantu menaikan stamina dan kekebalan tubuh. Daun sirsak juga dapat mengobati berbagai penyakit dengan cara membuat ramuan yang telah dijelaskan tadi. Semoga bermanfaat.

READ:  Cara Membuat Jus Sirsak

(photo: lensaindonesia.com )