Tips Tidur Nyenyak Untuk Ibu Hamil

Loading...

tidur nyenyak saat hamilTips tidur nyenyak saat hamil

Banyak wanita hamil yang mengalami kesulitan dan ketidak nyamanan saat tidur di malam hari. Ini disebabkan karena beberapa bagian tubuh merea membesar yaitu payudara dan perut. Hal ini juga akan mengganggu keadaan bayi dalam kandungan saat sang ibu merasa tidak nyaman saat tidur.

Berikut beberapa tips agar lebih nyaman saat tidur untuk Anda yang sedang hamil besar.

Hindari Makan Makanan Ringan Saat Malam Hari

Mengkonsumsi makanan ringan saat malam hari untuk wanita hamil akan membuatnya terjaga sepanjang malam dan membuat daerah sekitar perut terasa tidak nyaman. Usahakan untuk memberikan waktu sekitar 2 jam sebelum tidur karena hal ini akan mencegah terjadinya rasa panas dalam perut.

Gunakan Banyak Bantal

Gunakan beberapa bantal untuk kepala dan badan Anda agar lebih tinggi beberapa inci dari tidur normal biasanya. Posisi ini akan membantu diafragma dan pernafasan ibu hamil saat tertidur.

Kurangi Aktifitas Anda Sebelum Tidur

Jangan melakukan aktivitas berat saat Anda memasuki waktu tidur seperti membersihkan rumah. Anda dapat membaca buku, koran atau menonton televisi. Sebaiknya menghindari keramaian beberapa menit sebelum waktu jam tidur Anda.

READ:  Pengobatan Pada Anak Penderita Retinoblastoma

Tidur Menyamping

Tidur menyamping banyak disarankan oleh para dokter karena akan membuat kandungan dan nafas lebih baik. Posisi ini juga menghindarkan Anda dari sakit tulang punggung. Hasil penelitian yang dilakukan oleh persatuan ibu hamil di Amerika mengatakan pada posisi ini juga akan membantu peredaran darah dan nutrisi ke bayi Anda.

Istirahat

Usahakan untuk beristirahat atau berbaring setiap hari kurang lebih 30 menit sehingga tidak membuat badan Anda lelah lebih cepat karena saat badan Anda lelah hal ini akan berpengaruh pada bayi yang ada di dalam kandungan Anda.

Buat Tempat Tidur Anda Nyaman

Kasur yang nyaman menjadi kunci untuk tidur Anda lebih nyenyak. Sediakan bantalan kecil yang dapat menyangga bagian belakang Anda sehingga menjauhkan Anda dari rasa sakit punggung yang akan menyiksa saat tidur.

Suhu Kamar

Saat Anda hamil, panas tubuh akan meningkat dan membuat Anda merasa panas sepanjang hari sehingga membuat Anda sulit untuk tidur. Anda membutuhkan thermometer dalam ruangan Anda dan pendingin untuk menyeimbangkan suhu kamar.

READ:  Tips Memilih Produk Jerawat Selama Kehamilan

Matikan Lampu

Buat ruang tidur Anda tetap gelap dan tenang. Menyalakan lampu saat tidur dengan cahaya yang tidak terlalu terang atau lampu tidur akan mengganggu tidur dan menghambat pertumbuhan hormon melatonin dan akan mengganggu pola tidur Anda.

(photo: sheknows.com )