5 Tips Memilih dan Membeli Dasi

Loading...

tips memilih dasiMemilih dasi

Dasi adalah sejenis kain panjang yang biasa dipakai para pria saat ke kantor atau saat menghadiri acara formal. Bahkan jika Anda merupakan tipe orang yang  tidak memakainya setiap hari, disarankan untuk tetap menyimpan setidaknya beberapa dasi di dalam lemari Anda. Dasi dapat membuat penampilan Anda lebih menarik dalam berbagai jenis setelan yang Anda gunakan. Tetapi jika Anda akan membeli dasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berikut tips memilih dan membeli dasi untuk Anda.

1. Pola dan Warna

Anda harus mempertimbangkan pola dan warna dasi. Pilih dasi berdasarkan warna kemeja dan setelan yang akan dipakai. Usahakan agar warna dasi harmonis dengan warna kemeja. Misalnya, setelan hitam atau abu-abu dan kemeja putih akan cocok dengan dasi warna apapun. Jika Anda ingin lebih bermain dengan warna, Anda dapat menggunakan warna biru atau merah anggur untuk kantor. Anda juga dapat menggunakan dasi yang berpola garis-garis diagonal dan berbahan licin.  Pada umumnya dasi dengan motif garis dapat digunakan semua pria baik bertubuh besar atau kecil. Pastikan Anda sudah memiliki dasi dengan warna dan motif standar sebelum memutuskan untuk membeli dasi dengan warna dan motif yang unik dan tidak umum.

READ:  4 Model Sanggul Kepang Modern untuk Remaja

2. Ukuran Dan Lebar

Anda harus mempertimbangkan ukuran dan lebar dasi yang akan dibeli. Lebar dasi normal biasanya 8-9 sentimeter atau 3,75  inci. Panjangnya sekitar 130 sampai 150 sentimeter atau 51 hingga 59 inci. Jika Anda bertubuh tinggi, sesuaikan panjang dasi yang akan Anda beli. Akan tampak janggal bila dasi Anda terlalu pendek. Saat dasi sudah dipakai, usahakan ukuran dasi tidak menyentuh ikat pinggang atau celana.

3. Pemilihan Berdasarkan Warna Kulit

Saat membeli atau memakai dasi, pertimbangkan warna kulit Anda dengan warna dasi yang akan dibeli. Pria yang berkulit gelap sebaiknya menggunakan dasi yang berwarna lebih ringan dan untuk pria yang berkulit pucat gunakan dasi yang berwarna lebih gelap. Anda dapat memilih dasi yang sama dengan corak dan warna baju yang dipakai tetapi pemilihan warnanya lebih ringan atau lebih gelap.

4. Tekstur Dan Kualitas Bahan Dasi

Dari segi bahan, Anda dapat memakai dasi yang berbahan polyester untuk penggunaan sehari-hari dan dasi yang berbahan sutra untuk pertemuan bisnis dan konferensi. Anda harus mempertimbangkan tekstur, kualitas dan bahan dasi. Periksa kerusakan atau cacat pabrik sebelum membeli dasi. Pastikan bahwa Anda benar-benar menyukai tekstur dasi. Bahan yang digunakan untuk dasi juga harus sesuai dengan selera dan memberikan kenyamanan untuk Anda.

READ:  Tips dan Cara Membuat Kerah Kemeja Hias

5. Harga Dasi

Banyak yang menganggap bahwa membeli dasi adalah membeli kualitas, bukan kuantitas. Untuk mendapatkan dasi yang berkualitas, tentu Anda harus menyiapkan dana ekstra. Harga dasi tentu berbeda-beda tergantung dari bahan dasi itu sendiri. Pastikan dasi yang Anda beli tidak mudah berkerut dan tidak luntur.

Nah, selamat memilih dan membeli dasi. Semoga segera menemukan yang cocok di hati dan di kantong 🙂

(photo: wallpapersdesign.net)