Tips dan Cara Mengeksfoliasi Kulit Tubuh

Loading...

Mengeksfoliasi Kulit TubuhMengeksfoliasi kulit tubuh

Mengeksfoliasi berarti menyingkirkan sel-sel kulit mati sehingga kulit akan jadi tampak lebih lembut, bersinar, bersih, cerah dan kencang.

Sayangnya banyak orang yang hanya mengeksfoliasi kulit bagian wajahnya saja dan melupakan kulit bagian tubuh yang lain, padahal kulit badan, kaki, paha, tangan dan punggung sama pentingnya dengan kulit bagian wajah.

Hanya saja, cara untuk mengeksfoliasi kulit wajah sedikit berbeda dengan cara mengeksfoliasi kulit bagian tubuh. Nah, berikut kami uraikan bagaimana cara mengeksfoliasi kulit tubuh.

Yang Anda Butuhkan:

Cleanser ataupun sabun cair yang mengandung scrub.
Loofah (sponge mandi), sikat badan atau sarung tangan khusus (biasanya terbuat dari kain lembut).
Batu apung.
Body lotion.

Cara Melakukan Eksfoliasi Kulit Tubuh:

1. Sebelum mandi, sikat tubuh Anda dengan menggunakan sikat tubuh atau menggosoknya dengan menggunakan sarung tangan khusus, sponge mandi ataupun batu apung dengan lembut. Ini akan membantu merontokkan kotoran yang masih menempel di kulit serta mempersiapkan kulit untuk proses eksfoliasi nanti. Mulailah dari ujung kaki dan perlahan naik ke bagian atas tubuh. Ingat, jangan gosok bagian kulit tubuh yang terluka.

READ:  7 Fakta Menarik Vegetarian

2. Basahi seluruh tubuh dengan air.

3. Gunakan batu apung untuk menggosok bagian bawah atau telapak kaki. Batu apung digunakan untuk menggosok kulit yang tebal. Jika telapak kaki Anda kulitnya sudah benar-benar menebal, rendam dulu kaki di dalam air hangat selama 30 menit yang sudah diberikan 1/2 cangkir susu (agar kulit jadi lembut dan terjaga kelembabannya). Dan jika Anda merendam kaki, lakukan hal tersebut sebelum Anda membasahi seluruh bagian tubuh.

4. Tuangkan cleanser atau sabun cair yang mengandung scrub di atas sponge mandi Anda (yang tadi Anda gunakan dan sudah dibilas tentunya) atau sarung tangan khusus dan mulailah menggosok tubuh Anda secara memutar. Mulailah dari bagian kaki dan perlahan naik ke tubuh bagian atas. Jangan gosok terlalu keras karena kulit bisa jadi memerah dan iritasi.

5. Gunakan sikat tubuh (biasanya memiliki gagang yang panjang) untuk menggosok bagian punggung yang tidak bisa dicapai dengan tangan.

6. Bilas tubuh dengan menggunakan air hangat dan kemudian air dingin. Lalu lanjutkan dengan menggunakan shower gel jika Anda ingin agar kulit terasa lebih bersih dan lembab.

READ:  5 Resep Hot Cocoa Sehat

7. Setelah selesai, keringkan badan dengan menggunakan handuk lembut lalu gunakan body lotion untuk menutrisi dan melembabkan kulit di seluruh tubuh Anda. Body lotion biasanya mengandung alpha atau beta hydroxy acid yang bisa membantu mencerahkan kulit karena membantu proses menyingkirkan sel kulit mati.

8. Gunakan terus pelembab kulit tubuh agar tidak kering. Tips: gunakan ketika selesai mandi pada malam hari. Karena biasanya jika digunakan pada pagi atau siang hari, kulit akan terasa lengket karena bercampur keringat dan debu.

9. Pilih cleanser yang mengandung garam laut, gula, kacang almond yang ditumbuk kasar, kacang walnut, ataupun yang mengandung gandum. Eksfoliasi tubuh maksimal dilakukan sebanyak 2 kali seminggu. Terlalu sering mengeksfoliasi kulit bisa membuat kulit iritasi dan semakin kering.

(photo: sheknows.com )