Cara Meningkatkan Kemampuan Indra Penciuman Anda

Loading...

cara meningkatkan sensitivitas indera penciumanMeningkatkan sensitivitas indra penciuman

Bagi Anda yang merasa kemampuan indra penciumannya kurang tajam atau merasa kemampuan penciumannya menurun, Anda tentu ingin meningkatkan kemampuan indra  penciuman Anda. Rata-rata manusia dapat membedakan 10.000 jenis bau yang berbeda. Nah, dengan melakukan berbagai upaya yang akan kami jelaskan, kemampuan indra penciuman Anda akan berada di atas rata-rata orang biasa.

Berikut ini cara meningkatkan kemampuan indra penciuman Anda.

1. Beri Perhatian pada Sesuatu yang sudah Anda Cium

Indra penciuman itu seperti  pisau, jika sering digunakan maka akan semakin tajam. Dan sebaliknya, jika jarang digunakan maka akan tumpul. Anda mesti mengingat kembali benda-benda apa saja yang sudah Anda cium, kemudian belajar untuk mendeskripsikan bau. Cara selanjutnya, Anda bisa menutup mata dan meminta orang lain mendekatkan benda-benda ke hidung Anda. Jika Anda dapat menyebutkan benda-benda tersebut dengan benar, berarti Anda punya ingatan yang bagus pada bau.

2. Catatlah Bau yang Berhubungan dengan Emosi

Syaraf pembau berhubungan langsung dengan bagian emosional di otak. Menurut sebuah penelitian, bau roti dan pembungkus fast food mengingatkan akan jalanan yang ramai. Bau peppermint dan cinnamon meningkatkan konsentrasi ketika mengemudi. Bau lemon dan kopi meningkatkan konsentrasi dan daya ingat secara umum.

READ:  Bakteri Dapat Melawan Malaria

3. Hindari Makanan yang Merangsang Produksi Lendir Berlebih.

Ketika flu, kemampuan penciuman Anda pasti menurun. Itu karena di hidung Anda terdapat banyak lendir. Dalam kondisi sehat  pun, kemampuan penciuman Anda tetap dapat berkurang jika Anda sering memakan makanan yang dapat merangsang produksi lendir berlebih. Makanan yang masuk dalam kategori ini diantaranya: Susu, Keju, Yoghurt, dan es krim.

4. Hindari Mengkonsumsi Zat yang dapat Mengganggu Indra Penciuman

Zat-zat yang dapat mengganggu indra penciuman Anda di antaranya adalah: beberapa zat yang terkandung dalam obat flu, rokok, dan minuman beralkohol.

5. Tingkatkan Konsumsi Zinc

Istilah medis untuk terganggunya indra penciuman disebut Hiposmia. Hiposmia selalu dikaitkan dengan kurangnya zinc/zat besi dalam tubuh. Untuk itu Anda mesti mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zinc, misalnya bayam. Selain itu Anda juga dapat menngkonsumsi multivitamin yang mengandung zinc.

Demikianlah cara meningkatkan indra penciuman Anda. Semoga bermanfaat.

(photo: cakrawanita.blogspot.com)