Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan

Loading...

manfaat teh hitamDapatkan manfaat kesehatan dari secangkir teh hitam

Teh hitam adalah jenis teh yang teroksidasi dari teh oolong, teh hijau dan teh putih. Jenis teh ini berasal dari daun yang dinamakan Camellia sinensis. Teh hitam umumnya memiliki rasa yang kuat dan kafein yang terkandung lebih banyak dibandingkan teh tak teroksidasi.

Dua varietas utama dari jenis tanaman ini yang digunakan yaitu berdaun kecil dan berdaun besar yang digunakan untuk meracik teh hitam. Kadang-kadang, istilah teh hitam dipakai jika ingin meminta secangkir teh tanpa susu.

Teh hitam diketahui hanya mengandung sekitar 3% kadar air karena pengolahannya melalui proses fermentasi yang sempurna. Berbeda dengan teh hijau yang diolah tanpa proses fermentasi.

Di China, teh hitam  biasa digunakan untuk klasifikasi pasca fermentasi teh, seperti teh Pu-erh atau untuk negara luar disebut teh merah. Rasa teh hitam akan tetap bertahan selama beberapa tahun sedangkan untuk jenis teh hijau rasanya akan lebih cepat hilang.

Manfaat dari teh ini yaitu dapat menurunkan kolesterol serta efek serangan jantung. Beberapa penelitian juga menyatakan teh ini dapat melawan virus hiv.

READ:  9 Khasiat Jahe Untuk Wanita

Penelitian yang dilakukan di the Netherland National Institue of Public Health mengatakan bahwa dengan meminum  1-2 cangkir teh hitam per hari dapat menurunkan resiko serangan stroke.

Para ilmuwan di Data Mining International di Swiss menyatakan bahwa ada hubungan antara penurunan tingkat diabetes dengan angka konsumsi teh hitam di beberapa negara. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa negara-negara dengan tingkat konsumsi teh hitam yang tinggi ternyata memiliki tingkat penyakit diabetes yang lebih rendah.

Ilmuwan juga menemukan bahwa ekstraksi senyawa yang diperoleh dari teh hitam lebih efektif memperlambat penyerapan gula darah. Temuan ini dibandingkan dengan senyawa yang diekstraksi dari teh hijau dan teh oolong.

Sedangkan penelitian yang dilakukan ilmuwan di University College London menyatakan bahwa mengkonsumsi teh hitam dapat menurunkan hormon kortisol. Hormon ini biasanya muncul ketika sesorang sedang mengalami stres.

Meskipun begitu banyak manfaat yang diperoleh dari konsumsi teh hitam untuk kesehatan tubuh akan tetapi penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Salah satu hal yang perlu dikonsultasikan adalah dosis teh hitam yang cocok untuk dikonsumsi karena efek kafein yang mungkin saja timbul.

READ:  6 Manfaat Menakjubkan Minyak Kelapa

(foto: gayatriorganic.com )