Bahan Kosmetik Terbaik Bagi Kulit Berminyak

Loading...

perawatan kulit berminyakPerawatan kulit berminyak

Kulit berminyak biasanya disebabkan karena produksi sebum yang berlebihan. Hal ini bisa mengakibatkan pori-pori kulit tersumbat dan apabila terkena bakteri, akan muncul jerawat. Saat akan memutuskan untuk membeli produk perawatan kulit untuk tipe kulit berminyak, jangan lupa untuk  memperhatikan komposisi atau bahan yang terkandung dalam produk tersebut.

Berikut uraian mengenai bahan dalam produk perawatan kulit yang bisa membantu membunuh bakteri, mengontrol produksi minyak alami kulit, merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan membuat kulit nampak bersinar tanpa membuatnya terlihat mengkilat.

1. Salicylic Acid

Salicylic Acid adalah salah satu tipe dari Beta Hydroxy Acid (BHA) yang bisa membantu membuka pori-pori kulit yang tersumbat dan membunuh bakteri. Salicylic acid merupakan bahan yang didapat dari pohon Willow dan telah dikenal bisa membantu menghilangkan blackheads dan whiteheads (komedo).

Doris Day, MD yang merupakan seorang Dermatologist menyarankan untuk rutin mengaplikasikan  produk perawatan kulit yang mengandung salicylic acid ke kulit yang berminyak (T-Zone).

2. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil merupakan antiseptik alami yang terbuat dari daun pohon asli Australia. Minyak esensial ini membantu merawat kulit yang berminyak dan membunuh bakteri yang bisa menyebabkan jerawat.

READ:  Tips Mengenakan Busana Berwarna Putih

Tapi menurut Lawrence E yang merupakan seorang dermatologis mengatakan bahwa bagi penderita jerawat rosacea tidak disarankan untuk menggunakan tea tree oil karena bisa memperparah kondisi kulit.

3. Glycolic Acid

Glycolic Acid juga merupakan Alpha Hydroxy Acid (AHA). Bahan ini banyak digunakan dalam berbagai macam produk perawatan untuk kulit berminyak untuk membantu memperbaiki kondisi kulit. Glycolic Acid merupakan turunan dari sugar cane (tebu).

4. Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan baik itu untuk produk perawatan kulit tubuh maupun wajah untuk kulit wajah berjerawat. Cara kerja benzoyl peroxide yakni dengan menghancurkan bakteri dan merangsang pertumbuhan sel baru. Merawat kulit dan mencegah timbulnya jerawat baru.

5. Hyaluronic Acid

Saat merawat kulit berminyak kita memang membutuhkan produk yang bisa mengontrol produksi minyak alami kulit, namun bukan berarti membuat kulit jadi sangat kering. Produk yang membuat kulit kering bisa merangsang produksi sebum lebih banyak sehingga nantinya kulit akan lebih berminyak.

READ:  Manfaat Kesehatan dari Membaca Buku

Untuk itu, meskipun kulit Anda termasuk berminyak, kulit juga tetap membutuhkan pelembab. Hanya saja cari pelembab yang berbahan dasar air (bukan minyak atau oil).

Cara terbaik untuk merangsang pertumbuhan kolagen yang berguna untuk mengencangkan kulit dan mencegah timbulnya kerutan adalah dengan menggunakan produk yang memiliki kandungan hyaluronic acid. Asam ini sebenarnya bisa diproduksi alami oleh tubuh dan merupakan bahan utama dari restylane, yaitu gel yang diinjeksi atau disuntikkan untuk mengurangi kerutan dan garis penuaan.

(photo: idiva.com )