Kimchi, Asinan Sayur Ala Korea

Loading...

kimchiKimchi

Kimchi adalah salah satu makanan tradisional dari Korea. Makanan ini biasanya dijadikan sebagai pelengkap untuk orang Korea saat makan. Rasa asam, asin manis dan pedas dari kimchi membuat nafsu makan terus meningkat. Kimchi di Korea dianggap sebagai penganan yang harus ada saat perjamuan makan. Kimchi menjadi golongan makanan yang sehat setelah digabungkan dengan beberapa jenis makanan yaitu minyak zaitun dari panyol, kedelai, yogurt dan lentil.

Jaman dahulu, kimchi dibuat sebagai cadangan makanan sewaktu musim dingin karena sayuran susah sekali tumbuh saat musim tersebut tiba. Kimchi disimpan dalam gentong tradisional untuk waktu yang lama namun sekarang fungsi ini sudah tergantikan oleh lemari es.

Pada umumnya orang Korea membuat kimchi dalam jumlah besar untuk persediaan setahun pada saat panen sawi putih di musim dingin. Pembuatan kimchi dilakukan bersama anggota keluarga lainnya, karena tentu butuh banyak tenaga dalam membuat berkilogram kimchi.

Untuk membuat kimchi dibutuhkan sawi putih dengan campuran garam, cuka, lada, bawang putih dan beberapa rempah lainnya yang menghasilkan rasa asam dan agak pedas pada kimchi. Selain sawi putih, terkadang lobak juga digunakan sebagai bahan pembuatan kimchi.

READ:  Kim Hee Chul Akhirnya Menyelesaikan Wajib Militer selama 2 Tahun

Manfaat yang diberikan kimchi sangat banyak. Studi terbaru menunjukkan Kimchi dapat mencegah berbagai jenis kanker  termasuk kanker payudara pada wanita.  Kimchi juga dapat menurunkan kolesterol.

Kimchi dipercaya dapat menjaga berat badan hingga Anda tidak harus mengalami obesitas. Kimchi mengandung vitamin A, tiamin B1, riboflavin B2, kalsium, dan zat besi. Dalam penganan ini terdapat bakteri lactobacilli yang dapat Anda temukan dalam yogurt dan makanan yang di fermentasi. Bakteri ini membantu proses pencernaan.

Meskipun banyak manfaat yang dapat diberikan oleh kimchi, sebaiknya tetap dikonsumsi dalam batas yang wajar. Pada tahun 2005 terungkap sebuah hasil penelitian di Korea Selatan tentang efek samping terlalu banyak mengkonsumsi kimchi yaitu berpotensi terkena kanker lambung.

(photo: swisshansik.wordpress.com)